Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

tidur dengan lampu menyala

Banyak orang yang kurang memperhatikan pencahayaan ketika mereka tidur. Padahal kondisi pencahayaan dapat mempengaruhi kesehatan mereka. Ada sebagian orang yang suka tidur malam dengan lampu menyala. Namun ada pula yang tidur malam dengan tanpa cahaya dari lampu. Lalu, adakah bahaya dari tidur malam dengan lampu menyala bagi kesehatan tubuh?

Mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya, terbiasa tidur malam dengan kondisi lampu menyala akan meningkatkan resiko penyakit kanker, kardiovaskular, gangguan sistem metabolisme dan bahkan mungkin diabetes.

Sebuah penelitian dari  Amerika Serikat body ecology menyatakan bahwa, “Ketika seseorang tidur, maka kelenjar di otak akan menghasilkan hormon melatonin dalam pencahayaan ruang yang gelap. Homon ini berguna untuk fungsi imunitas dan pencegahan kanker.” Tentunya sangat dianjurkan untuk mematikan lampu saat tidur malam agar hormon melatonin tersebut dapat berproduksi lebih maksimal saat anda tertidur pulas.

Cahaya lampu sekecil apa pun di malam hari yang terpapar kepada tubuh kita akan mengganggu ritme harian serta produksi melatonin di kelenjar otak. Di samping membantu tidur malam, melatonin memainkan peran lain dalam tubuh kita. Para peneliti mengatakan, temuan mereka mungkin dapat menjelaskan mengapa melatonin telah terbukti memiliki manfaat metabolic dalam mengobati diabetes dan hiperlipidemia.

Jadi mulai sekarang tidurlah dalam gelap dan mengkonsumsi makanan yang mengandung melatonin seperti almond, sereal, selada, kacang kenari, dan keju. Cegah penyakit kardiovaskular, obesitas, dan diabetes dengan mematikan lampu Anda ketika tidur. Mulailah kontrol diri Anda agar tidur lebih sehat.

By: Dhita Medhavi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.