Bahaya Makanan Pedas

efek buruk makan pedas

Makanan yang pedas banyak digemari orang, apalagi di indonesia yang sangat kaya akan rempah-rempah. jika sudah terbiasa dengan makanan yang pedas, tidak enak rasanya menikmati makanan yang tidak pedas. Cabai memang memiliki banyak manfaat kesehatan, namun jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, itu akan berakibat tidak baik untuk kesehatan anda. Mengapa? Dan apa saja bahaya yang akan terjadi karena mengkonsumsi cabai berlebihan?

1. Insomnia

Mungkin anda akan bingung, apa hubungannya makanan pedas dengan insomnia. Ya.. kebanyakan orang tidak tahu bahwa selain kafein, makanan pedas juga dapat mengakibatkan susah tidur. Ini terjadi karena setelah memakan makanan pedas maka suhu tubuh anda akan naik (itu penyebab anda berkeringat setelah memakannya) sementara tubuh perlu melambatkan metabolisme sebelum tidur. Supaya lebih mudah tidur, maka hindari makanan pedas pada saat malam hari atau mendekati jam tidur anda.

2. Memicu maag dan meningkatkan asam lambung

Makanan pedas dapat menurunkan kemampuan lapisan pelindung lambung, lapisan ini berfungsi melindungi lambung dari asam lambung. Jika anda terus mengkonsumsi makanan pedas, anda akan rentan terkena penyakin maag dan berpotensi memyebabkan perlukaan pada lambung yang bisa terjadi pendarahan.

3. Mengganggu kesehatan kulit

Mengkonsumsi makanan pedas juga dapat mengganggu kesehatan kulit anda, kulit anda akan menjadi berminyak dan banyak timbunan jerawat di wajah, maka kontrol lah pola makanan pedas anda agar tetap sehat.

4. Meningkatkan nafsu makan

Cabai mengandung zat capsaicin, ini adalah zat yang membuat ketagihan. Rasa pedasnya membuat selera makan tinggi bahkan tidak mau berhenti mengkonsumsinya. Ini adalah alasan saat memakan makanan pedas, selera makan tinggi dan porsi makan juga bertambah banyak.

5. Dapat menurunkan kepekaan lidah

Mengkonsumsi makan pedas terlalu sering dapat menggaggu indera pengecapan anda, lidah anda menjadi kurang peka akan rasa, bukan hanya rasa pedas saja, rasa manis, asin, pahit dan juga asam.

6. Diare

Memakan makanan pedas yang berlebihan juga akan mengganggu pencernaan anda, menyebabkan iritasi pada pencernaan yang menyebabkan meningkatnya gerakan usus sehingga mulas-mulas dan menimbulkan masalah pencernaan. mungkin ini bukan hal yang permanen, tetapi tetap saja akan mengganggu kegiatan anda.

Maka dari itu, untuk anda pecinta makanan pedas, mulai perhatikan pola makanan pedas anda, dan jika sudah berlebihan. Maka bisa dihindarkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Artikel oleh Nanda Nastiti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.