Susu Apa yang Cocok Untukmu?

susu1

1.) Susu Alami

Susu alami adalah susu dengan tidak ditambahkan atau dikurangi. Susu alami adalah susu standar untuk kadar lemak minimal 3,5%. Ini menyebar lemak merata di seluruh susu dan mencegah lapisan krim membentuk di atas sehingga vitamin pada susu alami jauh lebih banyak dari pada yang terdapat pada susu jenis lainnya. Hal ini menyebabkan susu alami merupakan susu terbaik untuk masa pertumbuhan.

2.) Susu Skim

Susu skim memiliki kandungan lemak antara 0-0,5% dan kandungan lemak rata-rata 0,1%. Susu skim karenanya hampir semua lemak dihilangkan. Ini berisi sedikit lebih banyak kalsium daripada susu alami dan tingkat yang lebih rendah dari vitamin larut lemak, terutama vitamin A, karena ini hilang saat lemaknya sudah dihilangkan. Tingkat yang lebih rendah dari lemak dalam susu skim pula mengurangi kalori (energi). Untuk alasan ini tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun karena mereka membutuhkan energi ekstra untuk pertumbuhan. Namun sangat ideal untuk orang dewasa yang ingin membatasi lemak atau kalori.Susu skim memiliki penampilan yang sedikit lebih encer daripada jenis susu dan memiliki rasa kurang krim karena penghilangan lemak.

3.) Susu Flavour

Pasar susu rasa atau flavour adalah salah satu sektor susu yang paling cepat berkembang. Ada berbagai macam rasa dan konsistensi untuk memenuhi segala usia dan selera. Produk susu yang paling rasa diproduksi menggunakan berkurang varietas lemak susu dan biasanya memiliki kandungan lemak sekitar 1%. Rasa yang paling populer adalah coklat, strawberry dan pisang namun rasa yang lebih canggih seperti peach, mocha atau produk yang dibuat dengan cokelat Belgia dan Swiss nyata telah dikembangkan untuk pasar yang lebih dewasa. Dibandingkan dengan susu biasa, susu rasa cenderung memiliki kadar gula yang sedikit lebih tinggi, namun penelitian menunjukkan bahwa mereka masih merupakan pilihan yang menguntungkan bagi anak-anak dan remaja karena mereka memberikan berbagai nutrisi yang bermanfaat.

Satu studi telah menunjukkan bahwa anak-anak mengkonsumsi susu rasa  tidak membahayakan kesehatan dalam masalah gula karena gula pada susu rasa berbeda pada gula pada umumnya. Susu flavour juga cenderung tidak menyebabkan kerusakan gigi daripada makanan dan minuman manis. Menariknya studi terbaru menunjukkan bahwa cokelat rasa susu dapat digunakan sebagai bantuan pemulihan efektif setelah serangan intens latihan.

4.) Susu Organik

Susu organik berasal dari sapi yang telah menyerempet di padang rumput yang tidak memiliki pupuk kimia, pestisida atau bahan kimia pertanian yang digunakan di atasnya. Para produsen harus mendaftar dengan tubuh organik disetujui dan tunduk pada pemeriksaan rutin. Setelah sapi telah diperah, susu diperlakukan dengan cara yang persis sama seperti susu pasteurisasi biasa. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa susu organik lebih bergizi dibandingkan susu yang diproduksi secara konvensional. Meskipun telah ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu organik yang dihasilkan mengandung lebih dari omega-3 asam lemak tak jenuh ganda, ini adalah tanaman yang berasal, asam lemak rantai pendek yang tampaknya manfaat kesehatan terbatas dibandingkan dengan rantai panjang asam lemak omega-3 ditemukan pada ikan berminyak. Selain itu susu organik adalah susu yang jarang ditemui di Indonesia.

5.) Susu Steril

Susu steril tersedia di seluruh, semi skim dan skim varietas. Ini berjalan melalui bentuk yang lebih parah dari perlakuan panas, yang menghancurkan hampir semua bakteri di dalamnya. Pertama susu pra-dipanaskan, setelah itu dituangkan ke dalam botol kaca yang ditutup dengan segel kedap udara.|Tidak ada proses yang ditetapkan secara hukum untuk sterilisasi susu tetapi, umumnya, botol diisi dilakukan pada ban berjalan melalui ruang uap di mana mereka dipanaskan sampai suhu antara 110-130ºC selama kurang lebih 10-30 menit. Kemudian mereka didinginkan menggunakan tangki air dingin, semprotan atau, dalam beberapa kasus, udara atmosfir dan kemudian dikemas.

Hasil proses sterilisasi dalam perubahan rasa dan warna dan juga sedikit mengurangi nilai gizi susu, terutama kelompok vitamin B dan vitamin C. Botol belum dibuka atau karton susu disterilkan terus selama kurang lebih 6 bulan tanpa perlu untuk pendinginan. Setelah dibuka harus diperlakukan sebagai susu segar dan digunakan dalam waktu 5 hari. Namun perlu diketahui bahwa susu steril cenderung digunakan untuk pengobatan karena vitamin susu alami tetap lebih baik dari vitamin pada susu steril.

Berikut produk susu Diamond yang tersedia di pasar Indonesia yang dapat membantu memenuhi gizi harian anak, remaja, maupun orang tua.

susu

 

Artikel oleh Lisa Olivari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.