Merawat Mata Agar Tetap Sehat

mata sehat

Mata adalah alat indra kita yang berfungsi untuk melihat dengan kata lain mata adalah jendela dunia. Kita memiliki 2 buah mata untuk dapat melihat,mengerti,mengetauhi. Namun, bukan hanya tubuh saja yang bisa merasakan kelelahan, mata pun juga bisa karena mata selalu kita gunakan untuk aktifitas kita. Maka perlu dilakukan perawatan secara rutin agar mata kita tetab sehat. Berikut ini adalah tips dan trik buat kamu menjaga dan merawat mata :

Pencahayaan

Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika belajar, membaca, main handphone apapun itu. karena penerangan yang kurang dapat menganggu kesehatan mata.

Hindari debu dan polusi

Ketika kamu beraktifitas di luar ruangan atau di area pabrik, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

Jangan Sambil Tiduran

Usahakan tidak membaca buku, teks, handphone apapun dalam kondisi sambil tiduran. Dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.

Perhatikan Jarak Membaca Buku

Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.

Makanan Untuk Mata

Yuk kita memakan makanan yang baik untuk kesehatan mata. Dalam hal ini, wortel, alpukat,tomat, pepaya merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

 

Demikian 5 tips merawat mata agar tetap sehat, simple kan? Lakukan kebiasaan hidup yang baik dan sehat karena dengan begitu kesehatan kamu akan tetap terjaga, termasuk kesehatan mata. Mudah-mudahan tips tersebut dapat bermanfaat bagi kamu khususnya yang membaca artikel ini, ya!

 

Artikel oleh Rr Astari Indah V

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.