5 Kebiasaan yang Salah Saat Menggunakan Tas

tas
Jika Anda sering merasa pegal-pegal saat membawa tas mungkin Anda membawanya dengan cara yang salah atau tidak tepat. Hal ini dapat menyebabkan Anda terkena dan meningkatkan risiko terkena penyakit, biasanya rasa sakit yang sering dirasakan ada pada daerah leher dan bahu. Hal ini berlaku untuk semua jenis tas tanpa terkecuali. Untuk dapat mengurangi pegal-pegal pada daerah leher atau bahu, Everydayhealth telah melansir beberapa kebiasaan kecil yang dapat mengganggu kesehatan Anda, berikut beberapa kebiasaan tersebut:

1. Membawa Tas Berat di Satu Sisi Bahu

American Chiropractic Association mengatakan bahwa sebuah tas tidak boleh berbobot lebih dari 10% dari berat badan Anda, karena dapat menyebabkan sakit punggung dan bahu. Karen Erickson, DC, Chiropractor di New York mengatakan “Tas yang berat dapat menyebabkan sakit kepala. Orang-orang sering datang dan berpikir kalau mereka terkena migrain padahal setelah saya lihat itu akibat dari penggunaan tas yang buruk.” Karen berpendapat, tas yang terlalu berat dapat menyebabkan terlalu banyak tekanan pada otot trapezius pada area bahu yang menimbulkan rasa sakit pada kepala.

Bagi wanita yang menggunakan tas dengan tali tipis juga dapat menyebabkan otot bahu menjadi sakit. Dan lagi yang menggunakan tas dengan bahan logam akan membuat rasa sakit pada bahu semakin parah, karena berat dari logam akan menekan dan memberikan rasa sakit yang lebih. “Saya sarankan jika seseorang keluar dan menggunakan tas seharian penuh, dan bahu Anda mulai sakit, tarik tas ke depan Anda sehingga Anda dapat memberikan istirahat bagi bahu Anda untuk sementara waktu,” kata Erickson.

2. Mengenakan Backpack Terlalu Rendah

Menggunakan tas ransel yang baik adalah dengan tidak menggunakannya terlalu rendah, malahan tas ransel harus digunakan di bawah tulang rusuk bukannya tulang pinggang untuk menghindari pegal-pegal.

3. Menempatkan Tas di Sembarang Tempat

Tas merupakan barang yang perlu dirawat dengan baik dan perhatian penuh, karena tas baik itu tas kasual atau tas kerja adalah barang penting untuk menjalani rutinitas harian Anda. Untuk itu, janganlah meletakkannya pada sembarang tempat, simpanlah pada tempat yang layak agar terjaga kualitas dan umur dari tas Anda itu sendiri.

4. Sesuaikan Barang Bawaan Dengan Kapasitas Tas

Cari tahu dulu apa yang saja yang perlu untuk dibawa pada hari ini atau esok untuk menentukan tas mana yang cocok dan kuat serta tetap nyaman walau membawa banyak barang bawaan. Memaksakan diri membawa tas yang tidak kuat menahan beban barang bawaan akan membuat bahu Anda pegal dan sakit.

5. Kenali Jenis Tas Sebelum Membeli

Terdapat beragam tas kerja ataupun tas wanita berkualitas yang dapat dipilih, karena model dan desainnya yang menarik. Namun, sebelum Anda membeli tas ransel ataupun hand bag, ada baiknya ukuran tas disesuaikan dengan tubuh Anda. Tas yang terlalu besar akan membuat Anda keberatan saat membawanya dan akan menyebabkan nyeri, pegal-pegal dan sakit pada daerah tumpuan tas tersebut. Tas yang terlalu kecil akan membatasi barang bawaan Anda. Jadi cari tahu dan kenalilah tas-tas yang akan dipilih. Seperti pada Palomino Bag yang memiliki banyak koleksi tas wanita dengan desain dan model sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Nah, jadi Anda dapat mulai mencoba untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan di atas untuk membuat Anda tidak merasakan lagi pegal-pegal, karena salah posisi saat membawa tas apa saja. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.