Lima Aplikasi Mobile untuk Kamu yang Suka Musik

 

 

Musik, setiap harinya lagu-lagu baru diproduksi dan diluncurkan untuk para pencinta musik. Musik sendiri sudah menjadi teman dalam beragam kegiatan kita. Mulai dari membaca buku, saat bepergian, ataupun saat mengerjakan berbagai jenis pekerjaan. Namun terkadang mendengarkan musik yang sama terus menerus yang terdapat di dalam gadget bisa membuat bosan. Karenanya aplikasi musik streaming dapat menjadi pilihan saat ingin mendengarkan lagu-lagu baru.

Mixradio mixradio

Mixradio merupakan aplikasi streaming musik terbaru di tanah air dan sudah dapat diakses di google playstore maupun applestore. Ada tiga jenis mix yang dapat dinikmati oleh pengguna, yaitu My Mix, Kurasi Mix, dan Offline. My Mix merupakan rekomendasi kumpulan musik yang disesuaikan dengan interaksi yang kamu lakukan di aplikasi ini. Interaksi tersebut bisa saja berupa like, dislike, add as favorite dan sebagainya.

Banyak orang yang masih merasa bahwa aplikasi streaming musik akan selalu menghabiskan kuota internetnya setiap mendengarkan lagu. Kenyataannya di pilihan Offline di mixradio kamu bisa mendengarkan musik dimanapun tanpa konsumsi data yang berlebihan.

8tracks

8tracks

8tracks adalah platform musik dimana kamu dapat melakukan kurasi lagu-lagu sendiri dan membagikannya kepada siapapun yang kamu inginkan. 8tracks cocok sekali buat kamu-kamu yang moody dan ingin mendengarkan musik sesuai dengan moodmu kala itu. Di sini kamu juga bisa menemukan beragam lagu dari beragam musisi, baik yang baru muncul, tidak terlalu populer, sampai dengan lagu yang paling mainstream sekalipun. Selain itu kamu juga bisa menjadikan platform ini sebagai ajang untuk mencari lagu-lagu dan musisi terbaru yang tidak terlalu kamu kenal. Selain 8tracks, ada juga smartphone vivo yang menyediakan pengaturan musik yang sesuai dengan mood.

Kamu bisa menggunakan kata kunci tertentu untuk suasana lagu yang ingin kamu cari. Sebagai contoh, kata kunci “work” untuk lagu-lagu yang bisa menemanimu bekerja. Kamu juga bisa mengikuti pengguna laing dan mendengarkan playlist yang telah mereka buat. Sebagai contoh, untuk pencinta musik indie Indonesia bisa mendengarkan playlist dari akun jxnxt dan danulabda.

 

Google play music

 google play music

Google Play Music tak hanya dikhususkan buat android saja, namun pengguna iOS juga bisa memilikinya. Kelebihan Google Play Music adalah sebagai media penyimpanan hingga 50.000 koleksi di playlist pengguna.

 

Soundcloud

 soundcloud

Bagi kamu-kamu yang ingin berbagi karya baik itu berupa lagu-lagu yang kamu ciptakan, cover lagu-lagu terkenal ataupun karya-karya lain yang berupa suara bisa menggunakan media soundcloud ini. Cara mengupload karya ke soundcloudpun cukup mudah, hanya dengan menekan tombol rekam yand ada di aplikasi mobile soundcloud lalu menguploadnya. Akun Sweta Kartika misalnya, yang berisi lagu-lagu soundtrack untuk komik karangannya sendiri.

Soundcloud merupakan surga bagi para pencari cover-cover lagu yang sudah terkenal. Tidak jarang banyak yang merasa bahwa lagu yang di-cover oleh pengguna soundcloud lebih bagus dibandingkan dengan lagu dari penyanyi aslinya. Selain itu, di sini para pendengar bisa langsung mengomentari setiap track yang ada sesuai dengan detik diputarnya track tersebut. Kamu juga bisa mengumpulkan beragam track yang digabung ke dalam mixplaylist dan dapat dibagikan ke teman-temanmu.

Spotify

spotify

Spotify memiliki kelebihan sebagai platform musik paling up to date. Koleksi lagu yang ada di sini mencapai lebih dari 30 juta lagu. Spotify dilengkapi dengan fitur playback dan shuffle yang memungkinkan pengguna mendengarkan lagu dengan lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa membeli lagu di sini.

 

Artikel oleh Alfi Ramadhatillah

2 thoughts on “Lima Aplikasi Mobile untuk Kamu yang Suka Musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.