Cara Membuat Kucing Jinak

cara membuat kucing jinak

Bagi kamu yang ingin mengadopsi kucing liar kamu perlu menyimak beberapa tips dan cara membuat kucing jinak, apalagi jika kucing yang kamu mau adopsi adalah kucing dewasa. Semakin dewasa kucing yang kamu ingin adopsi, semakin sulit juga kamu menjinakkan-nya. Dalam beberapa kasus, ada juga kucing ras yang belum begitu jinak alias masih galak, nah kamu bisa melatih kucing tersebut agar lebih jinak dan nurut sama kamu. Lalu, bagaimana caranya?

  1. Kurung di kandang

Cara membuat kucing jinak pertama yang perlu kamu lakukan ketika mengadopsi kucing liar galak adalah mengkandangkanya secara terpisah dari kucing-kucing kamu yang lain, kandangkan dia sambil kamu perhatikan kebutuhan makan dan minumnya. Di dalam kandang, kucing kamu akan mulai beradaptasi dengan atmosfer baru, perlahan-lahan dia akan terbiasa. Untuk awal-awal jangan kamu pegang dulu kucing liar tersebut, sebab bisa saja dia menggigit atau mencakar kamu.

  1. Beri makan

Coba kamu perhatikan, biasanya kalau kucing liar yang masuk ke dalam rumah kamu kemudian kamu kasih makan, pasti besok-besoknya dia balik lagi. Nah, ini kelemahan kucing liar, kita manfaatkan dengan memberi makan kucing liar yang baru kamu adopsi dengan makanan yang dia suka. Selain makanan, berikan juga kucing kamu air mineral matang, jangan dikasih air mentah karena dapat mengganggu pencernaan kucing, bahkan bisa terkenaa diare. Perlahan-lahan tapi pasti kucing kamu akan mulai menikmati suasana barunya dan membiasakan diri dengan lingkungan baru.

  1. Berikan perhatian

Cara membuat kucing liar jinak selanjutnya, coba perhatikan perubahan kucing kamu dari hari ke hari, jika terlihat sudah agak tenang maka kamu berikan perhatian dengan cara mengelus-elusnya atau menggendongnya, kamu juga bisa mengajak ngobrol kucing kamu. Nah, jika kamu rutin memberikan perhatian, maka pelan-pelan kucing kamu akan mulai jinak dan nurut.

  1. Satukan dengan kucing lain

Jika kamu memiliki kucing lain di rumah, satukan kucing liar kamu dengan kucing lain-nya. Tujuan-nya, yakni untuk mengakrabkan diri. Tapi jangan langsung kamu tinggal, kamu perhatikan dulu apakah keduanya akur atau tidak. Sebab, untuk pertama-tama biasanya kedua kucing yang baru kenal akan berkelahi. Setelah semua tahap ini selesai, kucing kamu akan mulai terbiasa dengan lingkungan barunya dan tentunya merasa nyaman, apalagi kalau kamu terus menerus memberikan perhatian.

Nah, setelah membaca tips di atas sekarang kamu tidak lagi mesti ragu kalau ingin memelihara kucing liar, mereka juga sama-sama lucu kok, malahan lebih produktif dan aktif ketimbang kucing ras. Pokoknya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Kamu juga bisa baca artikel saya di postingan mengenai suka duka memelihara kucing kampung.

Mudah-mudahan cara membuat kucing jinak menjadi mudah setelah kamu membaca artikel ini, jangan lupa subscribe dan komen ya.

 

One thought on “Cara Membuat Kucing Jinak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.