Cara Mengurangi Kebiasaan Ngemil dengan Trik Mudah

cemilan sehat

Tidak sedikit orang menjadikan camilan sebagai sahabat dekat. Tidak heran karena camilan memang memberi kenyaman dan jadi rileks. Apalagi sedang dilanda stres atau banyak tekanan, tak pelak sepotong cokelat manis atau sebungkus keripik kentang jadi obat penenang pikiran. Camilan ini sukses  membuat kita jadi bersemangat lagi! Namun, kalau sudah jadi kebiasaan, apakah baik? Hmm…

Sayangnya, kebanyakan camilan tersebut tidak sehat. Kandungan garam, gula dan juga gula yang cukup tinggi jadi salah satu alasannya. Sayangnya kandungan-kandungan tersebutlah yang dicari karena rasanya yang enak di lidah sehingga membangkitkan ‘mood’. Kalau sudah jadi kebiasaan, wah harus siap-siap untuk sakit. Iya, benar, semakin banyak kamu mengonsumsi camilan tidak sehat maka semakin tinggi pula risiko sakit. Harus siap-siap dana nih!Untung ada BPJS yang memberikan kemudahan, termasuk soal biaya. Namun, apa kamu mau dirawat di rumah sakit ‘hanya’ karena soal yang kelihatannya sepele.

Jadi, jangan sampai kecanduan untuk ngemil ya! Untuk itu, kamu bisa coba beberapa trik mudah berikut. Iya cara mengurangi kebiasaan ngemil yang akan kami sebutkan ini sangat mudah kok! Tidak menyiksa. Lebih menyiksa kalau harus sakit di rumah sakit.

Trik Mudah dan  Cara Mengurangi Kebiasaan Ngemil

1. Hindari cara diet yang salah

Kamu sedang berdiet? Cara yang kamu lakukan adalah dengan mengurangi porsi makan yang benar-benar drastis jauh dari porsi sebelum-sebelumnya. Oh, tunggu dulu! Perlu diketahui bahwa diet dan mengurangi merupakan hal yang berbeda. Diet seharusnya menerapkan pola makan yang sehat dengan variasi yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Nah kalau kamu tiba-tiba mengurangi porsi makan secara drastis, tubuh akan kaget. Yang terjadi malah tubuh semakin menginginkan makanan. Sadar tidak sadar, kadang kita “memaafkan diri” dengan berpikir ngemil tidak salah. Berpikir kalau kalori ngemil lebih sedikit daripada makan besar, padahal sebenarnya tidak begitu.

2. Beraktivitas lebih banyak

Tidak jarang kita ingin ngemil lebih banyak di saat senggang. Nah, kalau begitu, cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah beraktivitas lebih banyak juga.
Kamu bisa mendengarkan musik dengan tempo tinggi sehingga lebih berfokus pada musik sembari mengerjakan tugas-tugas, mengobrol dengan teman ataupun membuat kreasi seperti crafting dan sebagainya. Aktivitas yang padat sering kali mengalihkan fokus kita sehingga pikiran untuk ngemil hilang sendiri.

3. Cari tahu penyebabnya

Sebagaimana sudah disebutkan di awal artikel, beberapa penyebab orang suka ngemil adalah sedang dalam tekanan atau stres. Nah kalau penyebab kamu sering ngemil adalah hal tersebut, akan lebih baik kalau kamu menuntaskan persoalan tersebut terlebih dahulu. Jangan ikuti emosi sehingga menjadikan camilan sebagai pelarian. Faktanya ngemil tidak menyelesaikan masalah, kan? Yang ada malah masalah lain lagi seperti kelebihan berat badan dan mungkin bahkan penyakit.

Anyway, penyakit sendiri memang tidak bisa diprediksi. Kadang meski sudah tidak suka ngemil bisa jadi kita jatuh sakit. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan ya! Selain memberi jaminan kesehatan di kemudian hari, kamu juga turut membantu orang lain yang jatuh sakit karena program ‘saling-bantu’ ini.

Nah kembali ke topik ngemil – mulailah untuk tahan diri dari kebiasaan ngemil. Atau kalau memang benar-benar ingin menikmati camilan, pilih saja camilan sehat seperti buah atau sayur. Tubuh sehat, perut tetap kenyang namun tidak bikin kamu gemuk atau bahkan sakit!

 

Artikel oleh Desi Irawati

One thought on “Cara Mengurangi Kebiasaan Ngemil dengan Trik Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.