Pengertian dan Perbandingan Hosting

hosting

Salah satu dari langkah awal mula membuat website adalah memilih Hosting. Hosting adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan dan menampung data-data yang Anda sajikan di website Anda. Hosting ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Hosting yang gratis biasanya hanya menyediakan fitur dan pengaturan yang terbatas. Sedangakan Hosting yang berbayar akan menyediakan fitur-fitur yang lebih banyak yang membuat Anda bebas melakukan konfigurasi. Di Indonesia ada beberapa macam hosting yang cukup terkenal diantaranya adalah domainesia, indowebhost, niagahost, dan lain-lain. Saya akan membandingkan domainesia, niagahoster, dan idwebhost.

 

 

Domainesia.com

Domainesia didirikan pada tahun 2009 oleh salah satu alumni Universitas Gadjah Mada yang bernama Fuad Rahman. Domainesia beralamat di Jl. Palagan 118A Lt. 2 Sleman 55581 Yogyakarta, Indonesia. Domainesia memiliki 4 tempat data center di 4 tempat yang berbeda yaitu di Jakarta (Indonesia), Singapura (Singapura), Tokyo (Jepang), dan Dallas (Amerika). Teknologi yang digunakan oleh Domainesia adalah CloudFlare, PHP, Python, Ruby, MySQL, Intel, HP, CloudLinux, Xen, Autobackup, dan KVM. Domainesia telah menggunakan teknolgi SSD dalam penyimpanan sehingga akses sangat cepat dan stabil. Dari beberapa tempat hosting, hanya Domainesia yang menyediakan paket triwulan sehingga Anda bisa mencoba-coba. Selain hosting, Domainesia juga menyediakan produk Virtual Private Server (VPS), sertifikat SSL, dan pilihan web apps. Selain itu pelayanan CS yang terbilang cukup cepat dalam merespon. Anda juga bisa melihat status server dari Domainesia untuk mengetahui apakah ada kendala pada server atau tidak. Untuk Uptime, Domainesia menjanjikan garansi 99.9% uptime.

 

 

Niagahoster.co.id

Niagahoster didirikan pada tahun 2013 oleh Ananda Perwira. Tidak seperti Domainesia yang berani menampilkan jumlah data center, niagahoster hanya menyebutkan bahwa data center mereka berada di Jakarta (Indonesia). Teknologi yang digunakan oleh Niagahoster antara lain Supermicro server, Multicore Processor, CloudLinux, RAID-10 System, Apache + LiteSpeed, SSD, PHP, CageFS Security, AutoBackup. Paket yang disediakan oleh Niagahoster minimal 1 tahun. Untuk harga asli paket terbilang cukup mahal namun Niagahoster sering memberikan promo hingga 50%. Niagahoster juga menyediakan produk Virtual Private Server (VPS) dan sertifikat SSL. Tidak seperti Domainesia, Niagahoster tidak menyediakan layanan kepada Anda untuk mengetahui status server. Garansi Uptime yang diberikan oleh Niagahoster adalah 99.98% berbeda sedikit namun garansi uptime ini harus diperhatikan karena mempengaruhi search engine dan pengunjung.

 

 

Idwebhost.com

Idwebhost berdiri tahun 2004 shingga bisa dibilang cukup berpengalaman dalam dunia hosting. IDwebhost melayani shared dan VPS hosting dengan memiliki 60 server shared dan 5 server VPS. Untuk semakin mengedepankan layanan bagi para customer, IDwebhost telah membuka 3 kantor di 3 kota besar di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Jakarta dan Semarang. Paket hosting yang diberikan oleh Idwebhost terbilang cukup murah yaitu 1.000/bulan (paket termurah) namun tentu saja banyak keterbatasannya. Idwebhost memiliki data center di Indonesia dan di USA. Teknologi yang digunakan antara lain Cloud Linux OS dilengkapi Litespeed untuk stabilitas server & Softaculous/Fantastico installer. Uptime yang dijanjikan oleh Idwebhost adalah 99.71%.

Jadi mana yang terbaik? Tentukan pilihan Anda sesuai tujuan website Anda. Selamat bergabung di dunia website.

 

 

One thought on “Pengertian dan Perbandingan Hosting

  1. Niagahoster tetep no 1 pokoknya. Dari awal order disana sampe sekarang selalu dibikin puas sama layanan maupun dari sisi servernya. Udah gitu supportnya 24 jam lagi, jadi bisa tanya kapan aja dan jam berapa aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.