Langkah Awal Sebelum Memasuki Sekolah Pilot & Tips Memilih Sekolah Penerbangan Terbaik

sekolah pilot dan sekolah penerbangan

Langkah Awal  Sebelum Memasuki Sekolah Pilot & Tips Memilih Sekolah Penerbangan Terbaik

sekolah pilot

 

Aviasi28.com-langkah awal bagi  Anda sebelum memasuki sekolah penerbang (Pilot). Untuk menjadi seorang pilot tentunya haruslah sudah menjalani dan lulus dari sekolah penerbangan maupun akademi penerbangan. Adapun dalam artikel ini akan saya ulas beberapa tahapan untuk menjadi seorang Pilot beserta tips-tips untuk memilih sekolah penerbangan agar Anda dapat meniti karir anda sebagai seorang penerbang dengan mudah.

Program Aviasi 28 bekerja sama dengan Australian Wings Academy memberikan kursus pengantar penerbangan bagi calon pilot maskapai di Indonesia. Sekolah pilot berkelas dunia menyelenggarakan kursus fondasi aviasi yang membentuk dasar dari semua pengalaman terbang Anda di masa depan. Disampaikan dalam fasilitas modern oleh instruktur spesialis penerbangan, kursus Aviasi 28 menawarkan jalur yang sangat baik untuk menjadi pilot. Dengan Aviasi 28, siswa dapat memulai studi dekat dengan rumah, dengan komitmen keuangan yang minimal atau gangguan.

Langkah awal  menjadi seorang penerbang(Pilot)

Ada beberapa langkah-langkah yang dilalui oleh seorang pilot dan siap dipekerjakan sebagai seorang Pilot. Adapun tahapan-tahapan tersebut ialah :

  1. Lulus dari SMU/Sederajat
  2. Melakukan pendaftaran
  3. Melaksanakan test Medical Check Up, Psikotest, TOEIC (Bahasa Inggris Komunikasi Internasional), dan Bahasa Inggris. Apabila lulus
  4. Penerbitan SPL

Fase I

  1. Ground PPL (Private Pilot License)
  2. Survival di Laut dan Hutan (Jungle and Sea Survival)
  3. Terbang Solo (Flight 24 Sortie/Solo Flight)
  4. Solo Stage

Fase II

  1. Ground CPL (Commercial Pilot License)
  2. Flight PPL
  3. CPL stage
  4. CPL check
  5. Simulator
  6. Flight Instrument and Check
  7. Penerbitan CPL-IR (Commercial Pilot License – Instrument Rating)

tergolong cukup singkat bukan?

Tips Memilih Sekolah Pilot / Akademi Penerbangan

sekolah penerbangan

Di Indonesia sudah mulai banyak bermunculan sekolah-sekolah penerbangan swasta maupun milik maskapai. Namun, tentunya kita harus bisa memilih dengan jeli sekolah penerbangan mana yang sekiranya dapat memudahkan kita untuk mencapai gelar seorang Pilot.

Berikut ini merupakan beberapa Tips untuk memilih sekolah/akademi penerbangan :

  1. Pilihlah sekolah penerbangan yang sudah terpandang, atau dengan kata lain memilik reputasi yang tinggi dan juga lulusannya sudah menyebar ke berbagai maskapai penrbangan.
  2. Pilihlah sekolah penerbangan milik maskapai yang nantinya saat siswa pilot lulus dari sekolah tersebut akan langsung terikat kerja dengan maskapai yang bersangkutan sehingga tidak perlu sulit untuk mencari maskapai lagi.
  3. Cari tahu tentang keuangan dari sekolah yang bersangkutan, karena keuangan dari sebuah sekolah penerbangan sangatlah penting untuk proses pendidikan siswa penerbang.
  4. Cari sekolah yang memberikan biaya ringan seperti di STPI Curug, maupun sekolah yang memberikan beasiswa kepada siswa penerbang (memberikan pinjaman biaya).
  5. Pilihlah sekolah penerbangan yang fasilitasnya telah lengkap, baik itu dari segi pendidikan, instruktur, tempat latihan, simulator, dan juga pesawat latih yang memadai.
  6. Tanyalah pendapat dari para lulusan sekolah penerbangan tentang sekolah yang akan dituju dan bandingkan dengan pendapat tentang sekolah lainnya.

Demikianlah berbagai tips yang dapat saya sampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.