Fungsi Crane Parts Pada Mobil Crane

Crane Parts

Fungsi Crane Parts Pada Mobil Crane

Crane adalah salah satu jenis alat berat yang digunakan untuk memudahkan dalam membangun suatu proyek. Crane memiliki bentuk yang berbeda-beda salah satunya yaitu berbentuk mobil crane. Mobil crane sekilas terlihat mirip dengan eskafator. Namun, terdapat crane yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan benda berat. Mobil crane merupakan salah satu jenis alat berat yang memiliki crane parts dengan struktur yang sangat lengkap. Selain itu, mobil crane menjadi salah satu alat berat yang sangat efektif untuk digunakan karena dapat dipindahkan dengan mudah. Pada mobil crane, terdapat beberapa bagian-bagian yang disesuaikan dengan jenis crane tersebut. Berikut ini adalah agian-bagian pada crane.

Fungsi Crane Parts Pada Mobil Crane

  • Crawler Crane

Crawler crane merupakan salah satu jenis crane yang memiliki crawler dengan posisi yang sudah menjadi satu set atau menempel. Crawler pada crane berfungsi untuk mengangkat dan memindahkan suatu benda. Crawler ini dijalankan dengan cara memutar tram motor pada sporket. Crane parts craneparts.com.my ini bisa digunakan untuk mengangkat material bangunan dengan jangkauan yang cukup dekat. Selain itu, crawler ini bisa bergerak hingga 360 derajat. Crawler ini memiliki cara kerja yang cukup lama. Karena crane ini menggunakan tipe lowbed trailer sehingga saat akan melakukan pengangkutan, harus membongkar boom yang membuat proses pengangkutan menjadi lebih lambat.

  • Superstructure

Bagian crane lainnya yaitu superstructure. Bagian ini merupakan poros dimana terdapat ruang kendali atau ruang operator untuk mengendalikan crane. Karena superstructure merupakan poros dari rangkaian crane, maka bagian ini merupakan bagian yang bisa membuat crane berputar. Pada ruang ini juga menjadi salah satu tempat untuk menyimpan peralatan lainnya.

  • Counterweight

Pada crane parts juga terdapat salah satu bagian yang bernama counterweight. Counterweight ini merupakan bobot yang diperlukan dan juga digunakan agar crane tetap seimbang. Pada saat mengangkat dan membawa suatu material, tentu memiliki berat yang berbeda-beda, sehingga agar crane tidak terbalik, maka terdapat pemberat yang digunakan untuk mempertahankan crane tetap seimbang. Counterweight ini berfungsi memberikan stabilitas saat crane mengangkat benda yang cukup berat.

  • Additional counterweight

Tak hanya pemberatnya saja yang ada pada crane. Crane juga memiliki beban tambahan yang juga berfungsi untuk menyeimbangkan crane. Beban tambahan ini bersifat optional atau digunakan pada saat dibutuhkan saja.

  • Mast

Crane juga terdapat mast yang merupakan tempat yang digunakan untuk menopang kawat maupun tali yang digunakan untuk menyeimbangkan crane. Mast berfungsi sebagai tali pengerek crane dan digunakan untuk mengangkat benda.

  • Jib

Jib merupakan salah satu bagian dari crane yang digunakan sebagai perpanjangan untuk memberikan panjang tambahan pada boom saat mengangkat beban.

  • Pulley

Pulley merupakan crane parts yang memiliki fungsi untuk memutar pengait. Sehingga saat pengangkatan beban dapat dengan mudah di naikkan maupun diturunkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.