6 Tips Memilih Tempat Tinggal

6 Tips Memilih Tempat Tinggal

6 Tips Memilih Tempat Tinggal

Ada banyak hal yang perlu dipikirkan setelah kita membangun rumah tangga atau akan membina rumah tangga. Salah satu yang paling dibutuhkan diantaranya adalah tempat tinggal. Tempat tinggal adalah hal yang dibutuhkan semua orang. Setiap kepala keluarga tentunya membutuhkan tempat tinggal yang tidak hanya dapat dijadikan sebagai pelindung, tetapi juga nyaman dan efisien. Untuk mendapatkan tempat tinggal yang ideal, ada berbagai faktor yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Dari faktor-faktor yang ada, Anda dapat jadikan beberapa faktor menjadi prioritas dan menentukan lokasi yang tepat untuk tempat tinggal Anda. Nah, bagi Anda yang penasaran kira-kira faktor apa saja yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih tempat tinggal, berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Jumlah anggota keluarga

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat tinggal adalah jumlah anggota keluarga. Jumlah anggota keluarga sangat penting digunakan sebagai bahan pertimbangan. Semakin banyak anggota keluarga, maka ruang yang dibutuhkan akan semakin banyak. Maka, kita membutuhkan tempat tinggal yang lapang. Semakin banyak anggota keluarga juga membuat kita perlu mempertimbangkan berapa jumlah kamar tidur yang dibutuhkan. Anda harus mempertimbangkan usia anak-anak. Apakah mereka masih dapat tidur dalam satu ruangan atau memerlukan kamar sendiri-sendiri. Jumlah kamar mandi juga perlu disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Hal ini untuk mencegah antre kamar mandi pada saat jam-jam sibuk.

Semakin sedikit anggota keluarga, maka ruang yang dibutuhkan akan semakin sedikit. Hal ini membuat kita bisa membeli atau menyewa rumah dengan ukuran yang lebih kecil dengan harga yang lebih hemat. Hal ini yang membuat mempertimbangkan jumlah anggota keluarga dalam memilih tempat tinggal menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

  1. Lokasi tempat kerja

Hal kedua yang perlu Anda jadikan bahan pertimbangan dalam mencari tempat tinggal adalah lokasi tempat kerja dan seperti apa kerja yang Anda lakukan. Jika Anda seorang pegawai kantoran yang membutuhkan ketepatan waktu dan harus masuk pagi, memiliki tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja tentunya akan menjadi hal yang sangat menguntungkan. Waktu persiapan Anda untuk berangkat kerja menjadi semakin leluasa. Anda tidak perlu berangkat pagi-pagi sekali karena rumah Anda cukup dekat. Jika bisa, pilih tempat tinggal yang tidak perlu waktu lama dan dapat dijangkau dengan sepeda atau jalan kaki. Hal ini akan membuat Anda terbebas dari kemacetan. Beberapa tempat tinggal yang berjarak dekat dengan tempat kerja kadang tetap tidak efisien karena jalanan yang ada di sekitar tempat tinggal selalu macet pada jam-jam padat.

  1. Kendaraan pribadi dan transportasi umum

Pemilihan lokasi juga dapat ditentukan dari kendaraan yang kita miliki. Jika kita memiliki kendaraan pribadi, kita dapat menentukan lokasi tempat tinggal yang lebih jauh, namun memiliki harga yang lebih murah. Hal ini akan membuat Anda dapat berhemat. Namun, jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi dan mengandalkan kendaraan umum, Anda perlu memastikan tempat tinggal yang Anda pilih memiliki akses kendaraan umum yang baik. Walaupun, tempat tinggal Anda jauh, namun jika akses kendaraan umum dari tempat tinggal adan menuju tempat kerja dan berbagai tempat strategis lainnya dapat dijangkau dengan mudah, maka Anda tetap akan mudah menjangkau berbagai tempat dengan cepat. Lokasi tempat tinggal dapat berada dekat dengan stasiun kereta api listrik, dekat dengan halte bus trans atau busway, dekat dengan terminal angkutan, pangkalan ojek, dan sebagainya,

  1. Pusat perbelanjaan

Bahan pertimbangan berikutnya adalah dekat dengan pusat perbelanjaan. Lokasi tempat tinggal yang dekat dengan pusat perbelanjaan akan memudahkan Anda dalam mencari segala kebutuhan sehari-hari. Pusat perbelanjaan yang dimaksud dapat berupa toko modern seperti mall, pasar swalayan, dan mini market, atau bisa juga berupa pasar tradisional. Keduanya dapat menjadi Andalan belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika tempat tinggal Anda dekat dengan pusat perbelanjaan, Anda tidak perlu jauh-jauh jika membutuhkan sesuatu dengan mendesak.

  1. Sekolah

Bagi Anda yang memiliki anak yang masih dalam usia sekolah atau Anda sendiri ingin meneruskan sekolah ke jenjang lebih tinggi, memiliki tempat tinggal yang dekat dengan sekolah menjadi hal yang baik untuk dilakukan. Hal ini membuat Anda tidak perlu tergesa-gesa saat mengantarkan anak ke sekolah. Anak juga tidak akan kelelahan selama perjalanan menuju dan pulang dari sekolah. Apalagi jika sekolah menyediakan layanan antar jemput anak. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda semakin mudah dalam mengalokasikan waktu untuk buah hati Anda.

  1. Fasilitas umum lain

Hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah kedekatan dengan fasilitas umum lainnya. Fasilitas umum lain yang dimaksud diantaranya adalah tempat ibadah, ketersediaan fasilitas kesehatan, dan berbagai tempat lainnya. Hal tersebut menjadi sangat penting dilakukan jika Anda ingin memilih tempat tinggal.

Selain mempertimbangkan hal tersebut di atas, ada juga hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan. Hal ini akan berpengaruh pada keputusan apakah lebih baik Anda melakukan kontrak atau membeli tempat tinggal serta apakah lebih baik memilih apartemen dibandingkan dengan perumahan. Hal yang harus Anda perhatikan tersebut adalah ketersediaan anggaran. Kredit uang cepat-pinjaman24.id mungkin dapat Anda jadikan sebagai salah satu solusi untuk mengadakan uang dalam jumlah tertentu untuk membeli atau sewa tempat tinggal. Begitu pula dengan melakukan kredit cepat-monily.id, Anda dapat dengan cepat mendapatkan uang segar untuk membeli atau sewa rumah. Masalahnya, mana yang lebih baik, kontrak atau beli.

Hal tersebut dapat Anda putuskan sesuai dengan prioritas faktor yang Anda inginkan. Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas dan tidak memiliki cukup anggaran untuk melakukan KPR, memutuskan untuk kontrak akan lebih menguntungkan. Jika Anda sanggup dan memang memiliki anggaran untuk angsuran KPR tiap bulan dengan gaji yang stabil, Anda dapat langsung mengajukan KPR pada bank tertentu. Semakin cepat Anda memiliki rumah, maka Anda akan semakin cepat mapan.

Bagi Anda yang tinggal di kota besar, pilihan selanjutnya yang akan dihadapkan pada Anda adalah masalah jenis rumah. Anda dapat memilih apartemen jika memang Anda menginginkan tingkat keamanan dan pelayanan yang terjamin. Namun, menggunakan apartemen juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah tidak memiliki halaman sendiri dan sulit bergaul dengan tetangga sekitar. Memiliki tempat tinggal di perumahan mungkin akan memiliki keamanan yang kurang, namun, Anda dapat dengan mudah bergaul dengan tetangga dan bersosialisasi.

Itu tadi ulasan mengenai faktor apa saja yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih tempat tinggal. Anda akan memiliki tempat tinggal yang tepat dengan memilih sesuai dengan prioritas yang Anda inginkan. Jangan lupa perhatikan anggaran biaya yang Anda butuhkan dan yang sekarang Anda miliki serta perkiraan jumlah anggaran yang dapat Anda kumpulkan di masa depan agar Anda dapat memperkirakan rumah seperti apa yang sanggup Anda beli.

IBX58EB5347886E2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.