Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert

Kepribadian adalah mencakup keseluruhan fikiran, perasaan dan tingkah laku, kesadaran dan ketidak sadaran. Kepribadian membimbing orang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisik. Sejak awal kehidupan, kepribadian adalahkesatuan atau berpotensi membentukĀ  kesatuan. Ketika mengembangkan kepribadian, orang harus berusaha mempertahankan kesatuan dan harmoni antar semua elemen kepribadian.
Manusia memiliki kepribadian yang tentu saja berbeda antara satu dengan lainnya. Kepribadian merupakan karakteristik seseorang yang menyebabkan munculnya konsistensi perasaan, pemikiran dan perilaku. Kepribadian manusia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kepribadian ekstrovert dan kepribadian introvert. Apabila orientasi terhadap segala sesuatu ditentukan oleh faktor-faktor objektif, faktor-faktor luar, maka orang yang demikian itu dikatakan mempunyai orientasi ekstrovert. Sebaliknya ada orang yang mempunyai tipe dan orientasi introvert, dimana dalam menghadapi sesuatu, faktor-faktor yang berpengaruh adalah faktor subjektif yaitu faktor-faktor yang berasal dari dunia batin sendiri.

Ciri-ciri orang dengan tipe kepribadian ekstrovert adalah memiliki sikap periang atau sering berbicara atau bercerita, lebih terbuka dan lebih dapat bersosialisasi dengan orang lain. Sedangkan ciri-ciri orang dengan tipe kepribadian introvert adalah memiliki sifat pemalu, tidak banyak bicara, dan cenderung berpusat pada diri mereka sendiri. Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert, mengatakan bahwa dia tidak butuh kedekatan yang lebih untuk bisa percaya dengan seseorang, dia bisa terbuka dan bercerita apa saja dengan orang yang baru dia kenal. Dia akan lebih terbuka lagi dengan orang-orang yang memiliki hubungan yang dekat dengan dirinya.

Sedangkan orang yang memiliki kepribadian introvert, mengatakan bahwa akan timbul rasa percaya ketika dia memiliki hubungan yang dekat atau punya kesamaan-kesamaan dengan orang itu, namun kepada orang yang dianggap lebih berpengalaman atau memiliki ilmu atau pengetahuan yang lebih dari dirinya, subjek bisa lebih percaya dan terbuka karena orang yang demikian itu dianggap lebih bisa menjaga rahasia.
Tipe kepribadian introvert dan ekstrovert menggambarkan keunikan individu dalam bertingkah lakuĀ  terhadap suatu stimulus sebagai perwujudan karakter, temperamen, fisik dan intelektual individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Seseorang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert kemungkinan akan memiliki kepercayaan yang tinggi, sebaliknya yang memiliki tipe kepribadian introvert kemungkinan memiliki kepercayaan yang rendah. Penggolongan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dapat menggambarkan pola komunikasi dan interaksi sosial setiap individu di dalam masyarakat.

 

Artikel oleh

TYAS HAKIKI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.