Cara Pasang Perlengkapan Motor

Ada berbagai perlengkapan motor yang menambah fungsi dari kuda besi tunggangan Anda. Salah satunya adalah bracket dan box motor. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan atau meletakkan barang-barang untuk dibawa dalam perjalanan jauh. Meski pada beberapa motor, bracket box merupakan original bawaan pabrik.

Namun, jika motor Anda tidak memilikinya, bisa dipasang sendiri sebagai modifikasi. Nah,dengan menambahkan bracket dan box motor, model sepeda motor Anda cenderung memiliki tampilan adventure.

Bracket motor memiliki volume, kapasitas, bentuk, serta harga yang berbeda. Tentunya sesuai dengan mereknya. Harganya mulai dari 200 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Salah satu yang paling terkenal adalah Box Givi.

Untuk memasang perlengkapan motor tersebut, caranya sangat mudah. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan beberapa perlengkapan berupa box, base plate dan mur baut. Tidak lupa bracket motor sesuai dengan tipe motor yang Anda miliki.

2. Buka behel belakang dan letakkan dudukan bracket motor sesuai dengan posisi lubang mur. Setelah itu, kencangkanlah. Biarkan plat pegangan menggantung tanpa harus diselipkan ke bawah rumah pengunci jok.

3. Pasanglah jok kembali. Kemudian, tekan belakang jok hingga terdengar bunyi “klik” yang artinya, jok telah terkunci. Dengan begitu, plat pegangan yang menggantung akan tertekan oleh jok secara langsung.

4. Jika sudah, pastikan pemasangan telah sesuai dengan mengecek kondisi bracket. Jika sudah pas, maka bracket akan terlihat kokoh.

5. Letakkan base plate atau tatakan box di atas bidang bracket yang sudah terpasang. Susunlah plat pengikat base plate dari bawah. Kemudian, kencangkanlah. Jika sudah sesuai, base plate akan kuat di atas bidang bracket.

6. Selesai.

Jika pada box yang terdapat stoplight, maka Anda perlu mengatur jalur kabel stoplight dari bagian bawah base plate. Kemudian, sambungkan pada kabel switch brake atau lampu senja. Letak kabelnya ada di samping kanan bodi motor.

Pada beberapa tipe bracket motor lain, terdapat 4 baut pengencang. Anda boleh memilih tipe ini agar lebih kokoh. Penempatan baut tersebut ada di plat tempat pengunci jok. Nah, selain itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membeli perlengkapan motor berupa bracket box motor. Berikut rangkumannya untuk Anda:

● Pikirkan seberapa besar kebutuhan Anda terhadap bracket box motor. Jika tidak terlalu penting, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membeli aksesoris motor tersebut.

● Telitilah seberapa kuat box tersebut. Perhatikan apakah ada retak-retak di di bagian box.

● Pilihlah bracket dengan ketebalan minimal 2 mm.

● Belilah bracket motor yang paling sesuai dengan jenis motor Anda. Sebab, setiap jenis motor memiliki lubang begel dan ukuran bracket yang berbeda.

Sebagai informasi tambahan, sebaiknya Anda mengenal jenis-jenis bracket untuk box motor. selain dari segi desain, perbedaannya juga terletak pada fungsi bracket tersebut. Baik untuk top box ataupun side box atau pannier.

Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:
● Bracket box dengan pengait 4 baut
● Bracket untuk side box
● Bracket box dengan kode HR
● Bracket geser yang bisa dimaju-mundurkan

Nah, itu dia ulasan mengenai prosedur memasang perlengkapan motor berupa bracket dan box motor. Jika Anda bisa memasangnya sendiri di rumah, kenapa harus menggunakan jasa bengkel? Lebih hemat biaya tentunya.

Sebelum memasangnya, pastikan untuk memperhatikan beberapa poin yang sudah dibahas tadi ya! Selain itu, pastikan untuk menggunakan bracket yang sesuai dengan jenis box yang akan dipasang. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Selamat mencoba!

 

images source: Bukalapak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.