Investasi Yang Menguntungkan untuk Pemula

investasi emas

Investasi merupakan salah satu kunci dari kesuksesan dalam hidup. Tidak peduli seberapa banyak pendapatan yang Anda terima, jika tidak memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola pendapatan, maka Anda merasa selalu kekurangan materi. Oleh karena itu, sebaiknya kita harus memiliki setidaknya satu jenis investasi agar pendapatan yang kita miliki bisa ‘berputar’ dan memberikan keuntungan.

Saat ini ada beberapa jenis investasi yang bisa dipilih sesuai dengan proyeksi dan resikonya, itulah mengapa ada sebutan investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Jika Anda memiliki tujuan tertentu dalam beberapa tahun ke depan, Anda bisa memilih jenis investasi dengan resiko yang bisa Anda kalkulasi. Perlu diketahui pula bahwa semakin besar resiko sebuah investasi, maka semakin besar pula keuntungan yang bisa kita terima. Pun sebaiknya, sehingga kita harus merencanakan betul jenis investasi yang akan dipilih.

Investasi Emas atau Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Baik emas atau saham merupakan jenis investasi yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. Namun secara teoritis, investasi saham jauh lebih menguntungkan daripada investasi emas. Yang berarti bahwa investasi saham memiliki resiko yang lebih tinggi.

  • Investasi Emas

Investasi emas memberikan keamanan dan kemudahan karena Anda bisa memulai investasi ini dengan nominal yang kecil. Anda bisa memulai investasi emas di pegadaian dengan membeli emas batangan. Pegadaian memiliki mekanisme yang mudah dan memberikan jaminan keamanan bagi investor emas. Selain itu, emas juga bisa dijual kapan saja sehingga lebih fleksibel, terutama saat Anda membutuhkan tambahan uang secara tiba-tiba.

  • Investasi Saham

Investasi saham memiliki kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan emas. Secara administratif, Anda harus membuka rekening di perusahaan sekuritas dan perlu menyertakan beberapa dokumen tertentu. Selain itu, setidaknya Anda juga harus bisa membaca laporan keuangan sebuah perusahaan. Selama ini banyak orang yang tekor saat investasi saham karena mereka hanya ikut-ikutan membeli saham tertentu tanpa tahu bagaimana mekanisme pasar bekerja.

Tips Memulai Investasi

Memilih jenis investasi yang tepat merupakan sesuatu yang sulit, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sehingga kita benar-benar mendapatkan keuntungan dari investasi yang kita lakukan. Oleh karena itu, Anda harus memahami kebutuhan dan proyeksi masa depan diri Anda sendiri. Lalu pelajari betul resiko dan keuntungan seperti apa yang bisa Anda terima, sehingga Anda bisa melakukan investasi dengan pikiran yang matang dan tidak kaget saat investasi yang kita pilih gagal.

Selanjutnya, proyeksikan berapa persen pendapatan yang akan dialokasikan untuk investasi. Meski tidak langsung dialihkan untuk investasi, setidaknya Anda memiliki tabungan khusus untuk investasi sehingga di saat yang tepat, Anda bisa menambah portofolio investasi yang telah Anda miliki. Jika Anda ingin berinvestasi melalui aplikasi HSB investasi

BACA juga : https://www.kabarwaras.com/2021/10/11-aplikasi-investasi-terdaftar-di.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.