5 Langkah Lindungi Rambut Saat Berenang

Musim panas seperti ini memang paling pas buat dinikmati dengan pergi ke pantai, baik untuk sekedar berjalan santai di tepi pantai, berselancar, berenang atau bahkan diving. Nah, dari sini biasanya kita sedikit jadi lupa diri akan kondisi sekitar yang dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan kita, tak terkecuali rambut.

Kita hanya bermain dengan air. Iya itu benar, tapi apakah Anda bisa menjamin dalam air tersebut tak mengandung kadar zat apa pun yang dapat memberikan dampak buruk buat kalian, khususnya rambut?


Air yang biasanya digunakan dalam berenang terbagi menjadi dua jenis, ada:

1. Air laut, residu garam yang terkandung dalam air asin bisa membuat rambutmu terasa lebih kering dari biasanya. Untuk itu, selalu cuci dan bilas rambutmu setiap kali setelah bermain air laut.

2. Air kolam, kandungan zat klorin di dalamnya juga dapat menyerap habis minyak alami rambutmu. Untuk itu, minimalkan kontak langsung antara rambut dengan air kolam, dan untuk lebih rincinya akan dibahas dalam rangkuman di bawah ini.

Nah bagaimana langakah mengatasi agar rambut Anda tetep terjaga kesehatannya ketika Anda berenang? Berikut Sharing Di Sini memberikan beberapa langkah menjaga agar rambut tetap sehat ketika berenang , yaitu :


1. Perhatikan kondisi air
Tentu saja, sulit untuk mendapatkan informasi tentang tingkat keasaman air kolam. Tapi, Anda dapat mengakalinya dengan melihat dan mencium bau air kolam tersebut.

Kolam renang yang diklorinasi umumnya berwarna biru pucat yang disertai dengan bau klorin yang tidak kuat. Sedangkan kolam yang harusnya kamu hindari adalah yang berwarna hijau atau kekuningan dengan bau yang cukup menyengat di hidung.

2. Gunakanlah minyak rambut
Cobalah dengan minyak kelapa, dengan cara basahi rambut, lalu oleskan minyak kelapa secara merata pada rambut, tunggu selama kurang lebih 15 menit untuk penyerapan yang sempurna.

3. Pakailah penutup kepala
Paling aman dengan menggunakan topi renang, yang berfungsi untuk melindungi rambut secara utuh dari air kolam.

Penutup kepala ini bersifat tak hanya menjaga rambutmu tetap kering tapi juga meminimalkan kontak rambutmu dengan air, tentu menghindarkanmu juga dari zat-zat buruk yang tak diinginkan.

__ tutup kepala saat berenang

4. Setelah berenang
Selalu lakukan ini, setiap kali Anda selesai berenang, yaitu membilas rambut. Tentu saja, untuk membantumu melunturkan klorin atau air garam yang sempat tersangkut di rambutmu. Guyur rambutmu dengan air selama minimal 5 menit, lalu aplikasikan shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.