Beberapa Kesalahan Makan Sayur

beberapa kesalahan makan sayuran
beberapa kesalahan makan sayuran
beberapa kesalahan makan sayuran

Sayur dan buah memang sangat baik untuk kesehatan Anda. Namun, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada bahaya yang bisa terjadi akibat kesalahan mengkonsumsi sayur. Berikut Sharing di Sini Beberapa Kesalahan Makan Sayur dan Resikonya.

1. Tomat mentah
Mengkonsumsi tomat mentah sebelum makan nasi akan mengakibatkan naiknya tekanan dalam lambung sehingga menyebabkan sakit perut atau rasa tidak enak di lambung. Tomat mentah hanya baik dimakan setelah makan nasi karena mampu menurunkan kadar asam akibat persenyawaan asam lambung dan makanan.

2. Kelebihan Karoten
Terlalu berlebihan mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung karoten, seperti wortel, labu kuning, dll, bukannya membuat sehat, sebaliknya akan tidak baik untuk kesehatan Anda. Karena, kelebihan zat karoten akan menyebabkan karotinemia, yakni berubahnya warna wajah dan kulit tangan menjadi oranye, tidak nafsu makan, gelisah, insomnia dan beberapa gejala lainnya.

3. Wortel dan lobak putih
Jangan menghaluskan wortel bersamaan dengan lobak putih karena wortel mengandung fermen yang dapat merusak vitamin C dan pencampuran ini justru akan merusak vitamin c dalam lobak putih.

4. Taoge mentah
Masaklah taoge hingga matang sebelum menyantapnya, meski mengandung banyak khasiat namun makan taoge mentah ternyata dapat menyebabkan munculnya gejala mual, muntah, sebah, perut lebih banyak gas, pening, gejala magh, serta tidak enak badan jika taoge dimakan setengah matang atau bahkan mentah. Dan jangan khawatir, walaupun direbus, nilai gizi taoge tetap sama.

5. Jamur hioko
Zat ergosterin dalam jamur hioko kaya akan vitamin D setelah hioko terkena cukup matahari. Merendam hioko terlalu lama atu mencucinya terlalu bersih maka hioko akan kehilangan banyak gizinya. Begitu pula jika Anda memasaknya menggunakan kuali dari besi atau tembaga.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.