7 Tips Agar Smartphone Tidak Mudah Meledak

smartphone_Banyak berita yang melaporkan kejadian meledaknya smartphone saat digunakan atau dalam keadaan sedang di charge.

Tentu saja Anda sebagai pengguna smartphone nggak boleh terkena kejadian yang sama. Karena itu begitu smartphone sudah overheating atau bahkan sampai meledak, bisa jadi nggak cuma smartphonemu saja yang akan rusak, Anda pun bisa terkena imbasnya.

Solusinya, berikut beberapa langkah dari Sharing Di Sini yang bisa Anda lakukan biar smartphone nggak gampang panas ataupun meledak.

1. Pasang Aplikasi Penunjuk Temperatur

Setiap smartphone tentu di desain untuk bekerja di suhu tertentu dan akan mengalami gangguan saat dipaksa untuk bekerja di suhu yang tinggi. Untuk mengetahui suhu pasti smartphone yang Anda gunakan, sebaiknya Anda mengunduh aplikasi penunjuk temperatur smartphone yang sudah banyak beredar di webstore resmi OS terkenal.

2. Hindarkan Dari Sinar Matahari Langsung

Terkena sinar matahari langsung dapat membuat suhu smartphone yang Anda gunakan akan meningkat secara drastis. Hindari tempat seperti dashboard mobil untuk menaruh smartphone Anda. Jika terpaksa membawa smartphone ke area dengan suhu yang tinggi dan humid seperti pantai, maka sebaiknya matikan smartphone-mu kalau tidak dipakai.

3. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi

Menjalankan banyak aplikasi di smartphone tentu saja akan membuat prosesor bekerja keras dan secara otomatis akan menaikkan suhu smartphone yang digunakan. Hal ini juga akan membuat baterai smartphone bekerja keras. Untuk menghindari overheating maka jangan jalankan banyak aplikasi di smartphone secara sekaligus.

4. Matikan Koneksi Internet Jika Tidak Diperlukan

Mematikan koneksi internet merupakan salah satu cara jitu untuk menghindari smartphone dari overheating atau risiko meledak. Dengan mematikan koneksi ini maka secara otomatis aplikasi yang selalu membutuhkan koneksi internet akan berhenti beroperasi. Selain itu prosesor dan baterai smartphone juga akan terkurangi beban kerjanya.

Aplikasi yang membantu pengguna untuk memutus koneksi internet secara otomatis atau waktu layar smartphone mati juga telah banyak beredar dan bisa diunduh secara gratis.

5. Jangan Gunakan Casing Tebal dan Tertutup

Salah satu penyebab naiknya suhu smartphone adalah digunakannya casing tambahan berbahan tebal dan tertutup di smartphone tersebut. Alih-alih ingin melindungi smartphone dari goresan, casing jenis ini justru membuat smartphone nggak bisa ‘bernapas’ dan berakibat pada cepat naiknya suhu smartphone saat digunakan.

Untuk menghindari overheating dan risiko meledaknya smartphone yang Anda  gunakan, maka sebaiknya gunakanlah casing smartphone dari bahan tipis dan berlubang di smartphone-mu.

6. Jangan Simpan Smartphone di Saku

Banyak dari pengguna smartphone memiliki kebiasaan menaruh smartphone-nya di saku celana atau baju. Padahal tindakan ini bisa memicu perpindahan panas tubuh yang berlebihan dari pengguna ke smartphone. Selain itu, ruangan yang sempit di saku juga membuat smartphone sulit mengeluarkan suhu panasnya.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, maka sebaiknya kamu menaruh smartphone tersebut di tas atau tempat dengan space yang cukup luas.

7. Jaga Kebersihan Body dan Baterai

Kebersihan smartphone juga merupakan faktor penting untuk membuat smartphone bisa bekerja secara optimal dan nggak gampang panas.

Kalau jarang dibersihkan, kemungkinan besar debu akan menyumbat lubang ventilasi smartphone sehingga suhu panas sulit untuk dikeluarkan. Selain itu, perawatan baterai juga harus sering dilakukan supaya tak terjadi korsleting atau meledaknya baterai saat di isi ulang.

Salah satu cara merawat baterai yang mudah adalah dengan melakukan isi ulang daya dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.