Normalkah Bayi Menggenggam?

holding babySaat melihat bayi baru lahir, yang sering dilakukan orang adalah menyelipkan jari telunjuk ke dalam genggamannya. Sebab, jari-jemari mungil itu akan segera menggenggam kuat-kuat. Itu adalah refleks menggenggam yang dimiliki bayi baru lahir hingga kelak sekira umur 2 bulan yang akan menghilang. Normalkah ini? Berikut Sharing Di Sini berbagi informasi

Bayi memegang benda-benda dengan suatu tujuan. Hal ini sebagai penanda bertambahnya perkembangannya. Ia mulai belajar koordinasi mata-tangan, kekuatan otot, dan keterampilan motoriknya. Coba perhatikan, bagaimana ia mampu memegang mainannya dan sekaligus memainkannya. Kemampuan itu merupakan langkah awalnya untuk belajar membaca, menulis, menggambar, dan mengurus dirinya.

Ibu harus waspada bila si Kecil tidak tertarik melihat mainan atau benda bergerak di depannya saat ia berumur 2-3 bulan; tidak bisa memegang suatu benda saat berumur 3 bulan; atau berusaha meraih memegang saat berumur 3-4 bulan. Namun, rentang waktu tersebut tidak berlaku bila si Kecil lahir prematur, karena akan mengalami sedikit keterlambatan. Untuk lebih jelasnya, Ibu bisa menanyakan pada dokter yang memantau tumbuh-kembangnya.

Ibu bisa mengikuti perkiraan berikut ini:

Bayi baru lahir hingga 2 bulan
Refleks menggenggam hanya di luar kemauan dan secara naluri selama delapan minggu saja. Setelah itu, tangan bayi sering mengepal, dan segera akan mulai belajar membuka dan menutup.

Bayi 3 bulan
Bayi belum bisa menangkap suatu benda dengan tepat dan bayi mulai mengembangkan koordinasi tangan-mata, memperhatikan suatu benda dan berusaha meraihnya.

Bayi 4-8 bulan
Bayi mulai bisa memegang suatu benda berukuran cukup besar. Ia belum bisa memegang benda yang lebih kecil, seperti kacang, hingga keterampilan jemarinya sudah berkembang lebih baik.
Sesaat sebelum giginya tumbuh (biasanya sekira 4-7 bulan), bayi mulai memegang benda-benda di dekatnya dan dimasukkan ke dalam mulutnya. Jika sudah mulai diberikan MP-ASI, ia mulai belajar memegang sendok, meski belum sempurna. Ia juga sudah bisa memindahkan satu benda ke tangan satunya.

Bayi 9-12 bulan
Bayi mulai bisa mengambil berbagai benda, dan mulai bisa mengenali perbedaan tangan kanan dan kiri. Juga bisa menjepit benda di antara ibu jari dan jari telunjuknya. Koordinasinya mulai baik, mulai bisa menggunakan sendok saat makan, meski belum sempurna. Begitu ia bisa memegang, biasanya sangat senang melempar-lemparkan segala benda yang dipegangnya. Ketika berumur setahun, ia mulai menikmati bermain bola, menyusun balok-balok hingga tinggi, dan memukul-mukul benda.

Bayi 18 bulan
Si Kecil sudah mulai menyukai seni dengan senang mencoret-coret pensil atau krayon untuk menggambar atau menulis. Ia mulai mampu mengoordinasikan untuk menulis namanya setelah berumur 3 tahun.

Untuk menstimulai refleks menggenggam, tunjukkan mainan atau benda lain berwarna terang di depannya dan ajarkan ia untuk meraihnya. Letakkan beberapa mainan menyebar di dekatnya dengan jarak berbeda-beda jauhnya. Bila ia sudah bisa menjepit, berikan kue / biskuit kecil yang lunak agar tidak tersedak. Ibu tetap harus mengawasinya dan menjauhkannya dari benda-benda berukuran kecil agar ia tidak menelan benda-benda kecil tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.