4 Resep Masker Khusus Rambut Rontok

hair maskSaat dedaunan mulai berguguran, pohon pun tak lagi terlihat keindahannya. Hal ini tentu disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi karena salah perawatan, komposisi penggunaan pupuk yang berlebihan, sampai yang bermasalah dari akarnya. Hukum ini juga berlaku pada rambut kita yang dalam beberapa sebab bisa mengalami kerontokan parah.

Seperti yang dilansir dari Readers Digest, Dr. Robert Jones dari Hair Transplant Centre pernah berkata bahwa seorang perempuan bisa mengalami masalah kerontokan rambut sebanyak 80 sampai 90 persen yang disebabkan oleh keturunan atau genetika. Dan sebagian besar lainnya bisa diakibatkan oleh:

  • Masalah pada kelenjar tiroid
  • Perubahan hormon, misal kehamilan
  • Efek samping obat
  • Stres
  • Pertambahan usia
  • Kurangnya konsumsi zat besi
  • Tidak cocok produk perawatan rambut

Untuk itu sangatlah penting buat Anda memilih dan memberikan perawatan terbaik pada rambut. Selain kita dapat mengandalkan produk dari pabrikan, untuk hasil yang lebih aman plus lebih mudah dan murah di dapatnya, Anda bisa menggunakan masker rambut dari bahan-bahan dapur sendiri di rumah.

Berikut kita simak beberapa perawatan rambut dengan membuat sendiri masker dari bahan – bahan yang mudah kita dapatkan di sekeliling, Sharing Di Sini berbagi buat Anda

1. Masker minyak alami

Minyak alami seperti minyak zaitun dan minyak almond memiliki kelebihan dalam perawatan rambut. Saat diaplikasikan di bagian akar, maka dapat membuat rambut menjadi indah, lembut, lembab, serta membantu mengurangi kerontokannya.

Bahan:
1 sdm minyak zaitun
1 sdm minyak almond
1 buah wortel parut

Caranya:
1. Campur semua bahan menjadi satu, kemudian aplikasikan dan massage di seluruh bagian kulit kepala hingga ke ujung rambut.
2. Minyak akan lebih efektif apabila dihangatkan terlebih dahulu. Namun kalau kamu takut terlalu panas, maka kamu bisa menggosokkannya saja di telapak tangan.
3. Setelah dimassage, bungkus rambut dengan handuk hangat dan biarkan selama 2 jam.
4. Setelah itu, cuci rambut dengan shampoo dan bilas dengan air dingin sampai bersih.

2. Masker rambut bawang merah

Bawang merah dikatakan dapat membantu mengatasi problem kerontokan rambut. Sekalipun ia terasa pedih dan sedikit pedas, namun ia dengan intensif mengurangi kerontokan rambut dari hari ke hari.

Bahan:
3 siung bawang merah, dikupas kemudian diiris tipis
1 sdm minyak zaitun

Caranya:
1. Campurkan semua bahan kemudian massage lembut di kulit kepala
2. Diamkan selama 10 menit kemudian bungkus dengan handuk
3. Untuk hasil maksimal, biarkan selama semalaman rambut dimasker dengan bawang di dalam handuk. Keesokan harinya baru boleh keramas seperti biasa.
4. Bilas dengan air hangat.
5. Anda bisa mengulangi cara ini setiap seminggu sekali agar hasilnya memuaskan.

3. Masker madu

Lagi-lagi madu ini dapat membantu merawat rambut dengan maksimal. Dengan mencampurkannya bersama telur, dengan begitu Anda bisa mengurangi kerontokan rambut serta merawat rambut yang rusak.

Bahan:
1 sdm madu
1 butir telur ayam kampung

Caranya:
1. Campur kedua bahan menjadi satu hingga rata, kemudian aplikasikan ke seluruh rambut sambil dimassage.
2. Tutup dengan handuk hangat atau shower cap kemudian biarkan selama 2 jam.
3. Keramas seperti biasa dengan shampoo dan ulangi beberapa kali karena umumnya ramuan ini agak lengket. Biar gampang menghilangkannya, kamu bisa menggunakan air

4. Masker teh

Buat campuran ramuan dari teh celup yang biasa kamu pakai dengan sedikit air panas dan 2-3 tetes minyak rosemary. Biarkan selama 15 menit sampai agak dingin.

Kemudian setelah dingin aplikasikan pada seluruh bagian rambut, dari kulit kepala hingga setiap batang rambut. Perlahan saja sambil dimassage. Biarkan selama 30-45 menit.

Keramas seperti biasa, dan Anda akan mendapatkan rambut yang lembut, halus serta wangi teh.

Nah itulah beberapa resep masker rambut untuk mengurangi kerontokan, mudah bukan? Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.