Tomat Olahan Lebih Bergizi

tomat olahan lebih bergizi
tomat olahan lebih bergizi
tomat olahan lebih bergizi

Selama ini sayur dan buah yang mentah dianggap sebagai pilihan yang lebih baik daripada sayuran dan buah yang dimasak dan diolah. Namun penelitian terbaru membuktikan bahwa hal tersebut tak berlaku untuk buah tomat.

Saus tomat yang dimasak atau diolah, dalam hal ini peneliti menggunakan saus tomat yang diolah dari tomat segar, diketahui mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan buah tomat mentah, seperti dilansir oleh Daily Mail.

Karena kadar antioksidan yang lebih tinggi, saus tomat diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Hasil ini ditemukan setelah peneliti mengamati 20 partisipan yang mengonsumsi saus tomat segar dengan yang tidak mengonsumsi saus tomat segar.

Peneliti dari University of Verona mempercayai bahwa mengonsumsi saus tomat 80 gram sehari bisa mengurangi efek buruk makanan berlemak terhadap lapisan pembuluh darah dan mencegah terjadinya kerusakan arteri. Antioksidan bernama lycopene pada tomat diketahui lebih tinggi ketika tomat dimasak dan diolah ketimbang tomat yang mentah.

Hasil penelitian ini tak berarti bahwa Anda harus terus mengonsumsi tomat olahan dan menghindari buah tomat segar. Namun memberikan informasi bahwa buah tomat memiliki kualitas nutrisi dan antioksidan yang tinggi, baik dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah maupun setelah dimasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.