4 Pengawet Makanan Alami Ini Aman Bagi Kesehatan

rosemary_16x9Isu tentang berbagai makanan yang diberi pengawet berbahaya, kerap membuat hati para ibu cemas saat si kecil jajan di sekolah. Padahal, menurut situs 3fatchicks.com, secara alami ada beberapa bahan pengawet yang bisa diaplikasikan untuk makanan agar tetap aman dikonsumsi tanpa tercemar bakteri maupun zat kimia berbahaya.

Ibu, ingin tahu bahan pengawet apa saja yang aman untuk dikonsumsi? Simak terus sampai habis yuuk rangkuman dari Sharing Di Sini

Garam
Garam adalah salah satu pengawet alami yang mudah ditemukan. Telah dipergunakan sejak jaman dahulu untuk mengawetkan daging dan ikan. Produk yang diaplikasikan garam umumnya memiliki kondisi yang baik bahkan selama beberapa tahun. Namun, seiring kemajuan jaman, tidak semua makanan kini disimpan dan diawetkan selama bertahun-tahun. Biasanya cukup setidaknya 1-2 bulan saja sambil dikonsumsi.

Garam sendiri bekerja mengawetkan makanan dengan cara mengdehidrasi makanan sehingga mikroba tidak hadir dalam makanan. Garam membuat makanan tetap kering sehingga mencegah pertumbuhan jamur dan ragi.

Gula
Seperti halnya garam, gula juga dapat menghilangkan kelembaban makanan. Ia juga mencegah pertumbuhan bakteri dan mikroba lainnya yang berkontribusi terhadap dekomposisi. Gula ini dikenal sebagai pengawet selama ribuan tahun.

Orang-orang Mesir kuno bahkan dikenal mengawetkan makanan dalam toples madu. Makanan yang biasanya diawetkan dengan gula ini memang rasanya manis, dimasak dengan gula sampai mengkristal. Namun ternyata memang usia konsumsinya jadi lebih panjang.

Ekstrak Rosemary
Tidak banyak orang di Indonesia yang mengenal rosemary. Namun ekstraknya sangat berguna untuk mengawetkan makanan secara alami. Sudah ratusan tahun ekstrak rosemary ini digunakan untuk memberikan aroma makanan yang harum dan enak.

Caranya adalah dengan menyuling ekstrak rosemary dan membiarkan antioksidan di dalamnya melindungi rasa dan penampilannya. Cara ini juga mencegah oksidasi dan dekomposisi makanan.

Cuka
Mengandung sekitar 5% asam asetat, cuka dapat membunuh bakteri dan mikro organisme lain. Biasanya, cuka dipakai untuk mencuci ayam, daging atau ikan, sehingga masa simpannya di dalam lemari es juga lebih lama.

Ternyata alam telah memberikan segala kebutuhan kita dengan lengkap, mudah, dan pastinya menyehatkan tubuh. Kalau ada yang aman dan alami, kenapa harusĀ  mengorbankan kesehatan keluarga? Semoga artikel ini menambah wawasan ibu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.