Tips Mencuci Baju Berdasarkan Jenis Bahan

washing-clothesMerawat pakaian butuh kesabaran dan perhatian yang lebih agar koleksi busana Anda tetap awet baru dalam lemari. Beragam jenis bahan pakaian membuat Anda mau tak mau harus pandai merawat pakaian sesuai dengan jenis bahannya. Agar tak salah langkah perawatan, mari kita langsung belajar dari maestro di industri fashion, Alex Perry.

Apa saran Alex Perry untuk merawat pakaian berdasarkan jenis bahannya? Baca ulasan lengkapnya dari Sharing Di Sini untuk Anda.

Berbahan Wool dan Cashmere :
Bahan Wool dan kasmir sangat mudah terkoyak atau seratnya keluar jika Anda kurang perhatian saat mencucinya.

Cara terbaik mencuci bahan ini adalah dengan menggunakan deterjen khusus dan tidak menggantungnya. Lebih baik saat menjemur diletakkan di sebuah tempat yang datar, dan saat sudah kering dilipat rapi serta disusun di rak.

Berbahan Suede:
Bahan suede adalah bahan yang sangat hangat, lembut dan penuh gaya. Menyikatnya dengan sikat cucian akan membuat bahan ini rusak, demikian juga mencuci dengan mesin cuci. Sehingga, hand washing adalah teknik paling tepat. Ambil handuk mandi, bahasi dengan air dingin dan tepuk-tepuk bahan ini hingga kotorannya menempel di handuk dan keluar. Untuk bahan ini, cukup diangin-anginkan saja, dan tidak untuk dijemur di bawah sinar matahari.

Berbahan Katun:
Bahan katun paling mudah dirawat, namun jika tak hati-hati warnanya bisa mudah pudar. Untuk itu, usahakan selalu menggunakan air dingin dan tidak menjemurnya di tempat yang terlalu panas. Mungkin lebih baik Anda bisa membalik pakaian sehingga bagian dalam berada di luar yang terkena sinar matahari.

Berbahan Sutra:
Bahan sutra sangat halus dan lembut. Lebih baik Anda gunakan metode hand wash karena pakaian ini hanya dipakai sesekali ketika acara pesta dan tak terlalu kotor. Atau gunakan mode delicate pada mesin cuci dan pastikan deterjen yang Anda gunakan juga deterjen yang khusus.

Tambahkan juga pelembut pakaian agar ia tetap terjaga kehalusannya.

Berbahan Chiffon:
Bahan sifon biasanya sangat halus dan ‘jatuh’. Sehingga nampak elegan ketika dikenakan. Untuk merawatnya Anda bisa mencuci dengan hand wash atau mode off pada mesin cuci, tapi pastikan Anda tak memerasnya, tetapi membiarkannya kering alami.

Berbahan Nylon :
Bahan nilon berserat kuat namun ringan ketika dipakai. Cara merawatnya pun cukup mudah bisa dengan mesin cuci biasa. Hanya satu yang perlu diperhatikan, yaitu sebaiknya Anda memisahkan pakaian dengan bahan jenis nilon, karena mudah menyerap warna pakaian lain sehingga warnanya tetap terjaga seperti aslinya.

Selamat mencoba tips-tipsnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.