Berbagi Seputar Rahasia Dapur

berbagai seputar rahasia dapur

Ada beberapa tips dan trik seputar memasak di dapur agar makanan yang dihasilkan lezat sempurna, tetap sehat, dan juga peralatan memasak tetap bersih, hingga memperhatikan keselamatan yang memasak.

Berikut saya Sharing Beberapa tips seputar dapur.

#1. Tips Menghilangkan bau bawang dan bau ikan di tangan
Cucilah tangan di bawah aliran air keran, bersama dengan sendok atau benda lain dari baja tahan karat.

#2. Tips Mengeluarkan lemak yang tebal dari sup (kaldu sup)
Panaskan kaldu  hingga mendidih. Tuang ke mangkuk tahan panas, lalu taruh beberapa balok es batu. Tunggu tiga sampai lima menit, dan aduk perlahan. Lemak dalam sup akan memadat dan membentuk Iingkaran-Iingkaran kecil yang menempel di seputar  es batu. Angkat lemak dan buang es batu. Cara ini ampuh untuk mengangkat sebagian besar lemak dalam kaldu sup.

#3. Tips Memperpanjang usia bumbu segar
Campur cacahan halus bumbu dengan minyak zaitun dan bekukan dalam cetakan es batu, sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakan sewaktu-waktu.

agar bumbu segar tetap tahan lama
agar bumbu segar tetap tahan lama

#4. Tips Menghindari percikan saat menggoreng
Sebelum menggoreng, keringkan bahan yang akan digoreng dengan meletakkannya di atas serbet kertas (buat permukaan obyek yang akan digoreng tidak terlalu basah mengandung air). Kelebihan cairan di dalamnya menjadi penyebab terjadinya percikan.

#5. Tips Mengatasi “pedih cabai” di tangan sesudah mengirisnya
Penawar untuk pedas/panas cabai adalah gula. Larutkan gula dalam air hangat untuk merendam tangan. Oleskan Vaselin sesudahnya.

#6. Tips Menjaga kesegaran daun bumbu
Masukkan dalam segelas besar air. Tutup gelas dengan kantong plastik dan ikat dengan karet gelang. Dengan cara ini daun bumbu yang rapuh sekalipun seperti daun ketumbar dapat tahan 1-2 hari. Untuk dapat tahan seminggu atau Iebih dan tetap segar, daun bumbu dapat dibungkus dengan kertas tisu dan dimasukkan dalam kantong plastik yang rapat dan disimpan dalam lemari pendingin.

#7. Tips Mencairkan mentega dengan cepat
Iris mentega yang keras (beku) dan letakkan irisan mentega di atas piring. Mentega cepat mencair dengan cara ini pada suhu ruangan.

#8. Tips Menghangatkan piza dengan sehat
Letakkan sisa piza pada wajan datar anti-Iengket dan panaskan dengan panas sedang hingga rendah di atas kompor hingga hangat. Dengan cara ini piza tetap renyah dan tidak layu seperti hasil penghangatan dengan memakai oven gelombang mikro.

#9. Tips Mengiris bawang tanpa menangis
Agar saat mengiris bawang mata tidak pedih, basahi pisau yang digunakan untuk mengiris atau basahi bawangnya.

berbagai seputar rahasia dapur
berbagai seputar rahasia dapur

#10. Tips cepat mematangkan alpukat
Masukkan buah alp[ukat ke dalam kantong kertas bersama dengan apel. Apel mengeluarkan gas tertentu yang mempercepat proses pematangan alpukat. Ketika sudah mencapai kematangan yang kita inginkan, simpan di bagian bawah lemari pendingin sehingga mampu bertahan selama dua atau tiga hari, jika tidak ingin langsung disantap.

#11. Tips Mencegah pertumbuhan tunas pada kentang
Masukkan apel bersama dengan kentang di tempat penyimpanan untuk mencegah pertumbuhan tunas. Simpan juga kentang di tempat yang sejuk dan gelap dalam kantong yang memungkinkan kentang untuk mendapat ruang bernapas dan dengan demikian lebih tahan lama.

#12. Membersihkan sisa parutan rempah
Rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas,  akan meninggalkan sisa serat, noda dan aroma di bagian dalam parutannya. Selain itu, parutan rempah ini akan meninggalkan aroma yang cukup kuat. Sudah dicuci bersih, menggosoknya dengan sabun cuci namun masih menyisakan noda dan aroma rempah tersebut. Nah triknya, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan nasi yang sudah dikeringkan. Setelah memarut kunyit,  jahe atau lengkuas, pakailah untuk memarut satu sendok nasi yang sudah dikeringkan sampai berpasir. Partikel-partikel abrasif dari nasi kering akan membantu mengikat sisa parutan yang terjebak di lubang pemarut sehingga lebih mudah dibersihkan. Setelah itu, cuci parutan seperti biasa.

 

oleh:

Soraya Anggono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.