Mitos dan Fakta Seputar Antibiotik

antibiotic
mitos dan fakta seputar antibiotik
mitos dan fakta seputar antibiotik

Antibiotik sering diberikan oleh dokter saat kita berobat dengan alasan agar kita dapat cepat sembuh. Karena itulah banyak orang mengira bahwa antibiotik adalah obat dari segala penyakit yang menyerang kita.

Padahal perlu Anda ketahui, mengonsumsi antibiotik tanpa aturan yang jelas dan petunjuk dokter justru akan membuat bakteri menjadi kebal atau bersifat resisten. Oleh sebab itu, dokter menyarankan untuk meminum antibiotik hingga habis, walaupun kondisinya Anda sudah sembuh.

Banyak orang awam yang tidak mengetahui seluk beluk antibiotik akan mengikuti apapun yang disarankan dokter. Nah, karena itulah tak heran jika banyak mitos yang beredar mengenai antibiotik. Tapi ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu seputar antibiotik agar kita tidak terjebak dalam mitos yang salah.

Berikut Sharingdisini mitos dan fakta seputar obat antibiotik, dilansir dari meetdoctor:
1. Obat segala penyakit
Karena biasanya dokter memberikan antibiotik setiap berobat, banyak orang beranggapan antibiotik adalah obat dari segala penyakit. Padahal pernyataan tersebut tidak benar. Padahal kenyataannya, tidak semua penyakit dapat sembuh hanya dengan mengonsumsi antibiotik saja.

2. Antibiotik dapat membunuh infeksi virus
Antibiotik bekerja hanya terhadap infeksi bakteri, bukan infeksi virus. Bahkan mengonsumsi antibiotik tanpa mengetahui apa penyebabnya justru akan membuat sakit Anda semakin memburuk. Jadi pernyataan yang mengatakan jika antibiotik dapat membunuh infeksi virus adalah mitos yang salah.

3. Efektif sembuhkan flu
Jelas hal itu adalah mitos! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antibiotik tidak efektif untuk menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh infeksi flu ringan.

antibiotic
antibiotics not recomended for colds and flu

4. Penggunaan antibiotik sembarang dapat meningkatkan kuman
Ini adalah fakta. Saat Anda terlalu banyak mengonsumsi antibiotik, kuman malah akan menjadi kebal terhadap obat.

5. Menimbulkan efek samping
Dan ini adalah fakta! Perlu Anda ketahui, terlalu sering mengonsumsi antibiotik tanpa petunjuk dan saran dari dokter akan menimbulkan berbagai efek samping yang berbahaya untuk diri Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu diluruskan perihal mitos dan fakta seputar antibiotik. Dalam penggunaan antibiotik, sangat dianjurkan menurut resep/saran dokter agar dampaknya tidak membahayakan kesehatan.

source: meetdoctor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.