Tips Melakukan Penerbangan Bersama Bayi

tips naik pesawat dengan membawa bayi
tips naik pesawat dengan membawa bayi
tips naik pesawat dengan membawa bayi

Melakukan perjalanan jauh bersama bayi dengan menggunakan pesawat terbang bisa menjadi sesuatu yang menkhawatir bagi ibu. Yang menjadi kekhawatiran adalah jika bayi tertular batuk, flu, atau bakteri dari penumpang lainnya. Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika Anda mengetahui cara dan persiapan sebelum terbang dengan bayi. Lagipula tidak ada pembatasan standar usia minimum bagi bayi untuk naik pesawat. Yang perlu dipastikan adalah kondisi kesehatan bayi apakah memungkinkan untuk diajak bepergian dengan menggunakan pesawat terbang.

Berikut Sharingdisini beberapa Tips bepergian menggunakan pesawat terbang dengan membawa serta bayi Anda.

1.  Pilih Jadwal Penerbangan

Sesuaikan jadwal penerbangan dengan jam tidur bayi. Hal ini bertujuan agar bayi bisa dengan tenang tidur selama di perjalanan, sehingga kerepotan jika bayi menangis atau mengganti popok bisa berkurang.

2. Pilih Tempat Duduk

The Federal Aviation Administration (FAA) menyarankan bayi dengan berat badan di bawah 40 pon sebaiknya duduk di car seat pesawat, namun hal tersebut tidak diharuskan. Kebanyakan maskapai penerbangan punya harga tersendiri untuk bayi maka periksalah dan lihat apakah harga tersebut sesuai dengan anggaran Anda.

Jika Anda tidak memesan kursi tambahan, Anda dapat membawa sendiri car seat ke pesawat yang dapat dipasang dengan bantuan pramugari. Pilihan lainnya adalah menempatkan stroller di jalan antara tempat duduk sehingga Anda mudah mengganti popok bayi atau mengajak jalan-jalan bayi yang sedang rewel. Selain itu bisa pula Anda memilih kursi dekat jendela agar bisa mendapat lebih privasi untuk mengurus bayi Anda.

3. Membawa Perlengkapan Bayi

Untuk mengatasi kemungkinan adanya keterlambatan penerbangan, sebaiknya Anda membawa tambahan perlengkapan bayi yang dibutuhkan seperti popok, selimut bayi, kaos kaki, baju ganti bayi, makanan, tissue basah, dan ASIP (air susu perahan). Saat di dalam pesawat, kenakan baju hangat dan berlapis pada bayi sebab temperatur udara di pesawat biasanya dingin, apalagi jika Anda memilih jam peberbangan malam hari.

4.  Stroller dan Car seat

Gunakan stroller yang kokoh dan multifungsi. Coba kekuatan stroller Anda dengan cara meletakkan semua perlengkapan bayi Anda, apakah cukup kuat sehingga membantu membuat Anda dan bayi nyaman selama melakukan traveling. Jika Anda ingin membawa car seat sendiri, pikirkan pula bagaimana akan membawanya.

5. Jangan Segan untuk Meminta Bantuan

Pramugari atau pramugara akan membantu Anda tetap nyaman, menghangatkan susu, membuang popok yang kotor, mengambilkan dot, bahkan menggendong bayi Anda jika Anda ingin pergi ke toilet. Jangan malu untuk meminta bantuan karena sudah menjadi tugas para awak pesawat (pramugari) untuk membantu membuat penumpang nyaman dan meringankan tugas Anda selama perjalanan di dalam pesawat.

6. Menjaga Bayi Tetap Tenang

Masalah yang biasanya membuat khawatir para orangtua dan penumpang lain di dalam pesawat adalah bayi rewel atau menangis. Perlu diingat, jika Anda tenang, bayi Anda pun tetap tenang. Maka santaikan diri Anda sebagai ibu, selama perjalanan dan jangan cepat panik terhadap sesuatu. Untuk membuat bayi tidak berisik selama perjalanan, buatlah ia merasa happy dengan melakukan jalan-jalan di sekitar lorong pesawat, menemaninya bermain, misalnya membawa boneka atau buku bergambar untuk bayi atau mainan kesayangannya yang lain, menyusuinya, dan lain sebagainya.

Bagaimana Mom and Dad, apakah Anda sudah pernah melakukan penerbangan dengan membawa serta bayi Anda? Yuk sharingdisini pengalamannya.

~my experience

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.