Hati – Hati, Musim Sakit Melanda! Ikuti Tips Pencegahan Ini!

http://www.dreamstime.com/royalty-free-stock-photos-windy-autumn-cold-flu-sick-sad-woman-crying-blowing-her-nose-tissue-day-leaves-flying-around-autumnal-image32752088Awal pergantian musim atau musim Pancaroba, biasanya kerap menjadi momok bagi sebagian orang yang memiliki alergi. Pada musim ini, banyak orang yang rentan terkena gejala flu seperti batuk, pilek, demam dan penyakit lainnya.

Perubahan cuaca, suhu dan cahaya sepanjang tahun memiliki efek fisik dan psikologis pada tubuh Anda yang pada gilirannya dapat berdampak besar pada kesehatan secara keseluruhan.

Mari, kita pelajari apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah jatuh sakit di musim dingin versi situs Womans Day, dan Anda akan memiliki tubuh yang lebih sehat dan enggak gampang sakit. Sharing Di Sini merangkumnya :

Rajin cuci tangan

Satu studi menunjukkan ada penurunan 45% resiko terserang penyakit, pada orang-orang yang rajin mencuci tangan setidaknya lima kali sehari. Pastikan Anda membawa pena sendiri, tidak berbagi ponsel, membawa semprotan antibakteri atau hand sanitizer di dalam tas dan menggunakannya setelah Anda melakukan kontak dengan permukaan apa saja yang tidak higienis. Ketika mencuci tangan dengan sabun, biarkan busa sabun hingga 5 detik menempel pada permukaan kulit tangan. Baru kemudian bilas dengan air bersih.

Minum banyak air

Mencukupi kebutuhan H2O dapat membantu mencegah virus dan bakteri berkembang di dalam tubuh, kata Riva Rahl, MD, direktur medis untuk Program Wellness Cooper Aerobics Center di Cooper dan seorang staf dokter di Cooper Clinic di Dallas. “Lendir di hidung Anda sebenarnya adalah salah satu hambatan fisik utama yang membuat kuman keluar dari tubuh Anda. Bila Anda tidak terhidrasi dengan baik, lendir mengering dan tidak dapat menghalangi kuman, “jelas Dr Rahl. Tetap terhidrasi juga membantu sistem tubuh mendistribusikan nutrisi berharga saat mengeluarkan kuman dan racun.

Tetap hangat

Jaga suhu tubuh tetap hangat untuk menangkal kuman. Pakailah jaket, topi hangat, sarung tangan, sepatu dan lain-lain saat keluar di udara yang dingin.

Luangkan waktu untuk bersantai

Cara alami menangkal penyakit adalah memproduksi hormon serotonin di dalam tubuh. Hormon kebahagiaan ini hanya dihasilkan jika Anda merasa tidak stres. So, ambil waktu untuk bersantai sejenak menghilangkan stres, seperti liburan atau memanjakan diri di tempat spa, bermeditasi, dan lain-lain.

Asalkan Anda menjaga kebersihan diri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan serta suplemen yang tepat, gejala flu bisa ditepis secara alami oleh tubuh.

Yuk, persiapkan diri melawan musim sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.