Haruskah sama seperti orang lain?

everybody is different

Saat ini semakin banyak anak muda yang bermunculan dimana-mana karena kehebatannya diberbagai bidang dan dalam kegiatan-kegiatan positif dan inspiratif. Tapi sadarkah anda dibalik mereka semua yang sukses dengannya jalannya itu, banyak orang yang justru salah tanggap tentang cara agar bisa sukses seperti mereka.

Banyak orang yang justru meniru apa yang orang lain lakukan atau bahkan menjiplak hasil karya orang yang emang udah sukses. Mereka yang melakukan hal itu mempunyai alasan klise, yaitu ingin se-sukses mereka, sehingga mengikuti jejak mereka. Tetapi justru mereka menjadi sibuk untuk meniru orang lain, sibuk membandingkan diri sendiri sama orang lain agar bisa se-sukses orang yang mereka tiru, tanpa sadar kalau mereka sudah semakin jauh dari jati diri mereka sendiri. Banyak yang akhirnya lupa bahwa setiap orang punya kemampuan, kelebihan, dan keunikan masing-masing yang memang sengaja diciptakan Tuhan dengan berbeda-beda. Saat orang lain bisa sukses dengan apa yang mereka lakukan, bukan berarti kita harus melakukan yang sama agar bisa sukses seperti mereka, karna setiap orang punya jalan masing-masing untuk dapat meraih kesuksesan.

Dengan sibuk menyamakan diri kita dengan orang lain, kita malah akan semakin sulit untuk menemukan kelebihan kita yang belum tentu dimiliki orang lain. Memiliki idola atau role model dalam hidup kita itu memang hal wajar dan kadang cukup penting untuk kita jadikan acuan, tetapi bukan berarti kita harus menuntut dan memaksakan diri kita untuk bisa sama persis seperti orang yang kita idolakan. Banyak orang yang sampai rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk bisa terlihat sama seperti orang lain.

Banyak pula contoh yang ada disekitar kita, salah satunya banyak orang Indonesia yang rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli krim pemutih atau bahkan suntik putih agar bisa sama seperti idola mereka diluar negri yang memiliki kulit putih. Mereka tidak sadar bahwa justru banyak orang-orang diluar sana yang ingin memiliki warna kulit kuning langsat atau sawo matang seperti kulit orang-orang Indonesia. Tapi karna terlalu sibuk meniru orang lain kita pun akhirnya tidak sadar dengan apa yang kita miliki.

Dunia ini perlu manusia yang bisa terus membuat inovasi yang baru, bukan “robot” yang hanya melakukan hal yang sama. Jangan pernah takut mengekspresikan diri dan menunjukkan kepada dunia kelebihan yang kita miliki, selama itu dalam hal positif pasti akan ada efek positif pula yang datang kepada kita. Perbedaan itu diciptakan untuk menyatukan kita. We should dare to be different!

everybody is different
Artikel oleh Ramadhini Tri Safitri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.