Cantik dengan Kacang-kacangan

kacang

“Saya enggak mau terlalu banyak makan kacang-kacangan, soalnya kan kacang-kacangan bisa bikin kulit wajah jerawatan jadi daripada jerawatan mending enggak usah dimakan sekalian deh,” kata Praditha ketika ditanya apakah ia makan kacang-kacangan atau tidak.

Ladies, kacang memang identik dengan makanan yang menjadi sumber jerawat. Tapi ternyata kacang-kacangan memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut kita. Kacang-kacangan juga dapat menjadi cemilan yang baik untuk kesehatan. Yuk, kita liat manfaat dari kacang-kacangan :

Kacang Almond

Almond kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti oleat dan palmitoleat untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Dan itu berarti bahwa almond dapat mencegah penyakit jantung koroner dan stroke. Almond mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Almond juga dilengkapi dengan segudang nutrisi penting lainnya, mulai dari vitamin, mineral, protein, serat, dan tentu saja asam lemak sehat. Semua nutrisi penting tersebut merupakan antioksidan yang sangat baik untuk membantu Anda menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga mampu membantu melawan kanker dalam tubuh.

Almond juga mengandung banyak minyak, konon ada sekitar 49% jumlah minyak yang terkandung di dalamnya. Minyak almond mengandung banyak asam lemak yang bisa meresap ke dalam kulit dan membuatnya menjadi lembut. Manfaatkan minyak almond untuk melembapkan dan menghaluskan kulit wajah. Caranya, campur minyak almond dengan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. Oleskan pada wajah sebelum tidur, lalu bilas sampai bersih keesokan harinya.

Kacang Hijau

Selain rasanya yang lezat serta banyak mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, kacang hijau juga bisa mengobati berbagai jenis pernyakit seperti tekanan darah tinggi, TBC, menstabilkan asam lambung, menurunkan demam serta bermanfaat untuk bidang kecantikan seperti menghilangkan jerawat dan bintik hitam.

Kacang hijau ini berfungsi untuk menghaluskan kulit dengan cara membuatnya menjadi masker. Ambil 1-2 sendok makan bubuk kacang hijau, lalu gosokkan secara perlahan pada tubuh untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati. Lakukan gerakan memutar agar peredaran darah semakin lancar. Setelah 3-5 menit, bilas dengan air bersih.

Kacang Kedelai

Salah satu komponen penting dalam kacang kedelai yang bermanfaat pada kecantikan adalah isoflavon. Senyawa ini sejenis phytonutrien dengan susunan yang sama dengan hormon estrogen. Dengan mengkonsumsi berbagai produksi kacang kedelai secara tidak langsung Anda telah mengkonsumsi isoflavon yang dikenal sangat bersahabat bagi wanita. Senyawa ini sangat baik menangkal radikal bebas sehingga penuaan dini bisa dicegah. Selain itu resiko kanker akibat polutan juga bisa ditangkas. Manfaat kacang kedelai lainnya bagi wanita adalah mengurangi gejala dari fase menopause.

Kacang kedelai juga bisa membuat rambut tampak bersinar loh. Caranya dengan menghaluskan kacang kedelai secukupnya menggunakan blender, campur dengan sedikit air. Oleskan jus kedelai pada rambut, biarkan beberapa saat, lanjutkan dengan keramas seperti biasa. Lakukanlah perawatan ini selama 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

So, udah gak takut makan kacang lagi kan sekarang. Justru malah banyak sekali manfaat untuk kecantikan kita.

Artikel oleh Gaby Fellycia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.