Modal Dasar Entrepreneur Pemula

entrepreneur

entrepreneur

Masalah yang seringkali terjadi pada pengusaha pemula atau mereka yang ingin memulai usaha adalah keyakinan bahwa untuk memulai usaha harus memiliki uang sebagai modal awal usaha terlebih dahulu. Padahal,hal tersebut merupakan pandangan yang salah. Untuk memulai sebuah usaha, modal awal yang perlu dimiliki oleh seorang calon entrepreneur atau entrepreneur pemula cukup sederhana, yaitu keberanian dan bukan modal uang. Seorang wirausaha jangan takut untuk bermimpi, karena mimpi kita tidak lain adalah bagian dari visi kita yang akan menjadi kenyataan. Oleh karena itu, rezeki yang kita inginkan bisa mengikuti mmpi kita, bahkan dalam banyak realitas, rezeki itu berbanding lurus engan mimpi kita. Sehingga, bila kita tidak takut untuk memulai langkah, maka selanjutnya adalah mncoba untuk mewujudkan ide bisnis.

Seorang entrepreneur harus pantang berhenti. Ia harus mencoba dan terus mencoba. Kita harus berani menghadapi kegagalan berulang-ulang dan anggaplah hal itu sebagai proses belajar menuju kesuksesan. Kegagalan merupakan hal yang biasa dalam sebuah bisnis. Sedangkan terus mencoba dan berani gagal merupakan hal yang luar biasa. Jangan patahkan semangat kita hanya dengan mengukur kegagalan, tetapi lihatlah berapa kali kita berani bangkit dan mencoba lagi.

Mimpi adalah sebuah visi kedepan seorang wirausaha. Mimpi itu akan mensugesti seseorang untuk berhasil dan mengerahkan semua kemampuannya untuk mencapai visinya. Mimpi ini pula akan memotivasi bawahannya dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih dinamis. Contohnya Bill Gates yang bermimpi kelak di semua rumah di dunia akan memiliki komputer, atau Michael Dell yang bermimpi mengalahkan perusahaan komputer raksasa IBM.

Mereka ini orang yang percaya bahwa mimpinya akan menjadi kenyataan dengan kerja keras. Pada dasarnya, orang itu tidak pernah gagal. Hanya saja, dia berhenti mencoba.Jika seseorang ingin berhasil dalam bisnis, harus berani mencoba.Situasi sulit justru membuat seorang wirausaha semakin tertantang.

Seorang pengusaha juga harus berani merantau. Dengan merantau, seseorang akan merasa tidak tergantung dan bisa melihat berbagai kelemahan yang ia miliki. Pelan-pelan berbagai kelemahan itu diperbaiki. Dan nantinya, orang tersebut akan merasa semakin percaya diri dan tahan banting dalam setiap langkah dalam bisnisnya. Gagal dan berhasil adalah dua sisi mata uang yang tak terpisahkan.

Namun, bagaimana menyikapi sebuah kegagalan, itulah hal yang paling penting.Pengalaman gagal dapat dipergunakan untuk menemukan kekuatan baru agar bisa meraih kesuksesan kembali. Mungkin saja kegagalan itu datang untuk memuliakan hati kita, membersihkan pikiran kita, memperluas wawasan kita, membersihkan pikiran kita dari keangkuhan dan kepicikan, serta untuk lebih mendekatkan diri kita pada Tuhan.

Meutia Noerrahmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.