Tips Membersihkan Kuas Make Up

cara bersihkan kuas makeup
cara bersihkan kuas makeup
cara bersihkan kuas makeup

Dalam merias wajah, kuas make up atau make up brush merupakan alat yang tidak dapat dijauhkan dari make up itu sendiri. Dengan fungsi sebagai pengaplikasi riasan pada wajah, kuas make up merupakan hal yang penting untuk diperhatikan kebersihannya. Ketika kita merias wajah, kuas tersebut akan langsung menempel ke wajah kita sehingga jika kita tidak memperhatikan kebersihannya maka kuas tersebut bisa menyebarkan bakteri yang merupakan hasil akumulasi dari bekas bekas make up yang menempel di kuas, ke wajah kita. Bakteri tersebut bisa memicu jerawat atau pun gatal gatal pada kulit. Pembersihan kuas make up sebaiknya dilakukan 2 minggu sekali jika intensitas pemakaian make up normal, dalam arti tidak dipakai setiap hari atau hanya akhir pekan. Namun jika intensitas pemakaian hampir setiap hari maka akan lebih baik pembersihan kuas dilakukan seminggu sekali. Berikut ini tips untuk membersihkan kuas make up dengan benar sehingga dapat menghilangkan bakteri di dalamnya.

Yang anda butuh kan :

Piring, minya zaitun, sabun bayi, air mengalir

Cara :

1. Campurkan minyak zaitu dan sabun bayi ke dalam piring. Tidak perlu terlalu banyak cukup 1 sendok teh masing masing, karena nanti proses ini akan diulangi. Tambahkan sedikit air kedalamnya. Sabun berfungsi sebagai disinfektan agar kuas kita bebas dari kuman dan bakteri serta minyak zaitun berfungsi untuk menghaluskan bulu kuas.

2. Ambil kuas make up yang kotor sapukan pada campuran sabun dan minyak zaitun, setelah itu sapukan pada telapak tangan anda. Setelah beberapa saat anda akan melihat busa berwarna kecoklatan itu berarti kotoran pada kuas make up anda sudah terangkat. Anda bisa terus menyapukan kuas make up anda sampai anda merasa itu sudah bersih. Sabun dan minyak zaitun bisa anda tambah setelah anda membersihkan 2 kuas bedak / foundation atau 5 kuas make up mata (eyeliner dan eyeshadow)

3. Setelah itu bilas dengan air mengalir sampai benar benar bersih, lalu taruh diatas handuk dengan posisi bulu kuas berada di bawah. Anda bisa mengambil 2 buah handuk, 1 handuk untuk alas, dan 1 lagi anda lipat menyerupai bantal untuk bantalan kuas sehingga kuas berada di posisi menurun dengan bulu kuas berada di bawah. Jangan menaruh kuas dengan posisi bulu berada di atas, karena itu bisa membuat bulu kuas rontok jika sudah kering. Setelah itu tunggu sampai kering lalu gunakan kuas seperti biasa.

 

by Ivone

gambar : wikihow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.