Mengatur Cara Makan Sehat Dari Rumah

Healthy-Eating

Kebiasaan sehat dapat kita mulai dari rumah. Mulailah kebiasaan hidup sehat dengan cara mematuhi aturan makan berikut ini agar mendapatkan hasil yang lebih sehat.

Makan di meja makan.

Usahakan untuk menyantap makanan di meja makan. Jangan lah menyantap makanan Anda di kamar atau sambil menonton tv, karena hal ini dapat membuat Anda jadi tergoda untuk terus makan secara tidak sadar, walaupun disaat Anda tidak merasa lapar.

Ubah lah ukuran piring Anda

Dengan mengubah ukuran piring Anda, maka akan berpengaruh terhadap banyaknya makanan atau porsi yang Anda dapatkan. Semakin lebar ukuran piring tersebut, semakin banyak juga porsi makanan yang Anda taruh di piring Anda. Pada akhirnya jumlah makanan yang Anda ambil akan menjadi lebih dari apa yang Anda butuhkan. Sebaiknya gunakan ukuran piring yang sesuai dan pas dengan porsi atau tingkat kekenyangan Anda.

Memasak makanan Anda sendiri

Sesekali cobalah Anda membantu Ibu atau si Bibi memasak di dapur. Aroma yang Anda hirup saat memasak akan membuat Anda merasa kenyang terlebih dahulu tanpa Anda sadari. Kelebihan dari memasak makanan sendiri ini juga membuat hidup Anda menjadi lebih sehat, karena Anda mengetahui bahan-bahan makanan apa saja yang akan Anda konsumsi untuk tubuh Anda.

Mengganti kebiasaan merayakan sesuatu dengan makan-makan

Apabila biasa nya Anda merayakan sesuatu dengan pergi makan-makan, hal ini akan membuat Anda lebih cepat merasa kenyang. Seringkali kita makan dengan jumlah yang b anyak sehingga tidak terkontrol lagi. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya rayakan sesuatu atau kesuksesan Anda dengan cara yang lebih sehat yaitu dengan bermain bowling atau berbelanja bersama teman-teman Anda.

Gunakan kulkas di rumah Anda sebagai gudang penyimpanan makanan sehat

Fungsinya untuk menahan diri Anda dari makanan-makanan yang tidak sehat. Penuhi kulkas Anda dengan cemilan seperti yoghurt atau buah-buahan kesuakaan Anda yang dapat Anda makan disaat Anda membutuhkan makanan cemilan. Ajak lah keluarga Anda untuk menguras serta mengatur ulang makanan-makanan yang ada di dalam kulkas. Contohnya seperti manaruh buah-buahan di urutan yang paling depan, sedangkan makanan ‘nakal’ seperti kue ditempatkan di urutan yang paling belakang.

Masakan rumah yang terbaik

Hindari lah penjual makanan atau jajanan yang ada di pinggir jalan seperti gorengan.  Setiap Anda ingin memanggil tukang gorengan, selalu bayangkan masakan yang ada di rumah yang dibuat oleh Ibu Anda sangatlah nikmat. Selain lebih sehat makan di rumah, Anda pun dapat menghemat pengeluaran Anda.

by Febry Kurniasih, London School of Public Relations

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.