Tips Kamar Mandi Rapi dan Bersih

kamar mandi bersih

Ketika sedang bersih-bersih rumah, baik itu setiap pekan atau beberapa hari sekali, tak jarang kita lupa untuk membersihkan kamar mandi kita. Memang dari seluruh ruangan di rumah, kita menghabiskan waktu paling sedikit di kamar mandi. Padahal kamar mandi yang bersih dan rapih akan enak dilihat dan dapat menciptakan mood positif di pagi hari yang penting untuk memulai hari dengan baik. Malu juga kan kalau sudah memiliki rumah bersih tetapi kamar mandi berantakan? Berikut ini beberapa tips sederhana untuk mendapatkan kamar mandi yang nyaman untuk Anda dan seluruh anggota keluarga.

Singkirkan Botol-botol Tidak Terpakai

Berapa banyak botol sabun cair, sampo, conditioner dan produk perawatan tubuh dan wajah lain yang Anda miliki di dalam kamar mandi? Dengan banyaknya produk mandi yang ditawarkan dalam kemasan menarik dan konten dalam berbagai warna, tekstur dan wangi, wajar saja setiap mampir ke pusat perbelanjaan kita tergoda membeli satu produk lagi meskipun yang di rumah belum habis. Belum lagi kalau Anda dan pasangan atau anggota keluarga lain menggunakan produk-produk yang berbeda.

Lalu bagaimana menyiasati tumpukan botol di wastafel, di pojokan shower atau di pinggiran bak kamar mandi yang semakin tinggi? Cara yang paling cepat dan efektif yang juga merupakan prinsip utama dalam membersihkan rumah adalah singkirkan semua barang yang sudah tidak pakai. Kumpulkan semua produk yang ada di dalam kamar mandi, mulai dari yang tersimpan di dalam kabinet dan lemari hingga yang ada di pinggiran wastafel, bak mandi atau shower.

Kelompokkan produk-produk tersebut ke dalam tiga kategori. Kategori pertama yaitu produk yang digunakan setiap hari. Kategori kedua yaitu produk yang masih Anda pakai tapi tidak terlalu sering penggunaannya, misalnya seminggu sekali atau sebulan dua kali. Lalu kategori ketiga yang merupakan kategori paling penting yaitu produk-produk yang sudah habis, sudah hampir habis, sudah lewat tanggal kadaluarsanya atau sudah tidak Anda gunakan selama tiga bulan atau lebih. Lalu ambil satu kantong plastik besar dan masukkan produk-produk dari kategori ketiga ke dalamnya dan buanglah ke tempat sampah.

Maksimalkan Penggunaan Storage Box

Selanjutnya adalah mengorganisir barang-barang dari kategori pertama dan kedua. Solusinya adalah dengan memaksimalkan penggunaan wadah penyimpanan atau storage box. Sekarang ini storage box bisa dibeli dalam berbagai jenis ukuran dan juga model. Ketika membelinya, sesuaikan dengan kebutuhan dan selera atau interior kamar mandi Anda.

Meskipun kabinet atau lemari di kamar mandi Anda memiliki rak atau laci, penggunaan storage box akan membuat kamar mandi terlihat lebih rapi dan juga memudahkan Anda pada saat terburu-buru harus mencari sesuatu. Misalnya, jari Anda terluka dan Anda perlu plester dengan cepat. Daripada harus mencari-cari di antara barang-barang lain yang juga tersimpan di dalam laci, bayangkan praktisnya memiliki satu storage box kecil khusus untuk obat-obatan.

Ingat jangan mencampur semua produk ke dalam satu storage box karena kemudian fungsi dan nilai praktis menggunakan wadah berkurang. Pisahkan produk untuk rambut dengan yang digunakan di wajah dan sebagainya.

Selain itu, jangan juga memasukkan produk-produk di kategori pertama ke dalam storage box karena tidak praktis kalau Anda harus membuka tutup wadah sehari dua kali. Produk-produk ini dapat ditaruh di luar, misalnya di wastafel atau di dalam shower dan di dekat bak kamar mandi. Untuk kerapihan, boleh saja Anda menaruhnya di dalam keranjang atau wadah terbuka.

Batasi Jumlah Handuk                                           

Kalau Anda tipe yang menggantungkan handuk di kamar mandi atau memiliki rak handuk di kamar mandi, pastikan jumlah handuk yang siap pakai tidak melebihi jumlah orang di dalam rumah. Satu orang hanya perlu memiliki dua handuk. Satu untuk dipakai ketika satu lagi sedang dicuci. Handuk untuk tamu sebaiknya disimpan di dalam lemari dan hanya dikeluarkan ketika sedang ada tamu.

Pengharum Alami Kamar Mandi

Kalau Anda bosan dengan pengharum ruangan yang dijual di supermarket, buatlah pengharum Anda sendiri. Kopi merupakan pengharum ruangan alami yang paling direkomendasikan karena harumnya yang kuat dan relatif tahan lama.

Ambil segenggam biji kopi lalu haluskan sampai menjadi bubuk dengan grinder. Anda bisa juga membeli kopi bubuk instan di supermarket. Tapi memang biji kopi yang kita haluskan sendiri aromanya akan lebih kuat dan tahan lama. Taruh bubuk di atas piring kecil lalu letakkan di salah satu pojokkan kamar mandi yang tidak mudah terkena air.

Kamar mandi sudah rapi dan harum, jangan lupa membersihkan kamar mandi serutin Anda membersihkan rumah dan ruangan-ruangan lain. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai cara membersihkan rumah khususnya kamar mandi kunjungi situs Bersih Bersih dan dapatkan tips yang mempermudah pekerjaan bersih-bersih Anda!

Artikel oleh Banyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.