Memulai Usaha Dengan Mengembangkan Ide Bisnis Sederhana

memulai bisnis sederhana

memulai bisnis sederhana

Dalam hal ini penulis bukan mau menggurui, atau merasa sudah sukses, tapi hanya sekedar menuangkan pikiran dan gagasan yang berasal dari pengalaman penulis sendiri, serta pengalaman orang-orang yang dikenal penulis. Diharapkan melalui tulisan ini pembaca menjadi terpacu untuk mencari ide-ide bisnis, serta berani mengembangkannya menjadi bisnis yang besar.

Kita sering mendengar orang-orang disekitar kita yang sangat ingin memiliki usaha sendiri tapi terbentur banyak hal, seperti ide, modal, keterampilan, dll. Terkadang keinginan untuk mulai membuka usaha sendiri akhirnya menjadi kandas, dan hanya bualan di mulut saja karena mereka merasa miskin ide, tidak ada modal dan berbagai alasan klasik lainnya. Padahal mungkin jika mereka berusaha memfokuskan diri dan membuka mata ke lingkungan sekitar, menyimak perkembangan ekonomi, dan berani mencoba bisa saja mereka menjadi pengusaha sukses.

Ide Bisnis Adalah Langkah Awal

Sebelum masuk ke ide bisnis, anda harus bertanya ke diri sendiri, Apa sebenarnya motivasi anda untuk mulai berbisnis? Cari alasan terbesar yang nantinya akan menjadi bahan bakar ketika anda memulai bisnis. Kemudian siapkan mental karena harus dipahami, dalam bisnis untung dan rugi adalah biasa, yang penting adalah prosesnya; untung atau pun rugi, harus bisa dipertanggung jawabkan bahwa proses yang anda lakukan sudah benar, dan anda sadar apa penyebab kegagalan atau keberhasilan bisnis anda.

Bagaimana cara mendapat ide bisnis?

Yang paling mudah adalah lihat disekitar kita, adakah barang atau jasa yang unik, misalkan hanya ada di daerah kita saja yang bisa anda kemas lagi sebagai nilai tambah, kemudian bisa dijual. Misalkan saja saya tinggal di Garut. Nah, ketika saya lihat di sekitar daerah garut maka yang ditemukan adalah makanan khas nya yaitu dodol, kerajinan kulitnya, atau pariwisatanya. Menurut saya ketiganya unik karena dodol merupakan makanan khas Garut yang hanya ada di Garut, kerajinan kulit garut juga sudah dikenal dan sangat khas, atau menjual pariwisatanya.

Selanjutnya coba persempit misalkan untuk dodol sekarang sudah mulai ada dimana saja khusus nya di daerah Jawa Barat dan untuk dikemas ulang sepertinya agak susah karena sudah ada kreatifitas lain seperti adanya cocodot atau dodol+coklat. Yang terlihat berpotensi adalah kerajinan kulitnya. Kita bisa mengemasnya secara ekslusive dengan brand sendiri, pengemasan yang baik, serta kualitas yang kita tentukan standar kualitasnya. Kemudian kita lihat peluangnya, wah, sangat besar. Pasar local dalam negeri saja masih terbuka lebar karena di daerah sangat jarang penjual atau produsen kerajinan kulit asli. Apa lagi di luar negeri, keunggulan produk kulit Garut adalah harganya yang sangat murah jika disbanding di luar sana.

Jika anda sudah menemukan ide maka cari pengetahuan sebanyak mungkin tentang ide tersebut. Serta pikirkan lagi nilai tambah lain yang mungkin anda aplikasikan pad aide tersebut. Diatas hanya contoh saja karena kebetulan saya tinggal di Garut.

Jika sudah anda Peta-kan segala hal tentang ide bisnis yang anda temukan, selanjutnya hitung modal yang harus anda keluarkan untuk memulai bisnis berdasarkan ide tersebut. Mengenai modal, bagaimana jika anda tidak memiliki uang sebagai modal? Ingat modal itu bukan hanya uang, tapi ada yang lebih dari uang yaitu kepercayaan.

Misalkan begini:

Saya mau mencoba memulai usaha dengan ide bisnis nya adalah kerajinan kulit dengan produk unggulan jaket kulit. Maka yang terpikirkan adalah modal awal untuk stok jaket kulit, sewa toko, dan perlengkapan lainnya. Tapi modal yang saya punya adalah kosong atau modal dengkul!

Cara mengakalinya adalah coba dekati penjual jaket kulit dan tanyakan kalau saya menjualkan produknya apakah ada harga khusus. Biasanya pasti akan dikasih discount. Nah, kalo sudah deal coba kita pikirkan kira-kira siapa yang sedang butuh jaket kulit. Bisa kita hubungi teman, saudara, kenalan, koperasi, arisan, tetangga dll. Promosikan produk jaket kulit yang mau anda jual. Yakin pasti ada satu atau dua pesanan yang akan saya dapat. Sesudah terjual maka saya akan dapat keuntungan. Jadi saya bisa menjual jaket kulit tanpa mempunyai stok, toko, dan modal uang.

Kemudian dari keuntungan penjualan tersebut coba kita kembangkan strategi. Bagaimana cara menjual dengan modal yang saya punya? Ide lain muncul yaitu memasarkan secara online. Alasannya adalah modal kecil, dan ada banyak penjual online yang sukses. Coba belajar lagi bagaimana cara memasarkan produk secara online. Cari orang-orang yang sudah sukses sebagai internet marketing, dan praktekan. Jangan lupa pikirkan inovasi dari produk yang kita jual, misalnya buat kemasan khusus agar terlihat mewah, dll.

Begitulah kira-kira..

Intinya adalah tidak ada batasan jika kita memiliki sebuah ide untuk mengembangkannya, yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana, bagaimana, dan bagaimana. Sisanya adalah TRIAL & ERROR.

Jika disimpulkan stepnya adalah cari ide, kembangkan ide, pelajari ide tersebut, dan susun strategi pemasarannya. Jangan lupa berdo’a dan yakin usaha yang akan kita lakukan bisa berhasil.

Semoga tulisan sederhana ini bisa menginspirasi anda yang sedang mencari ide bisnis, dan memulai usaha…

Artikel ini ditulis oleh tedi sangpemimpi sebagai penulis tamu yang bias dihubungi di @tedisangpemimpi; web: http://tokojaketkulit.net

One thought on “Memulai Usaha Dengan Mengembangkan Ide Bisnis Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.