Perbedaan Asam urat dan Rematik

penyebab asam urat

Sangat banyak yang mengutarakan antara penyakit Asam Urat dan Rematik  itu adalah hal yang  sama. Nyeri pada persendian /  nyeri pada tulang – tulang, sangat di kaitkan dengan penyakit  Asam Urat Dan Rematik,  Keluhan pada tubuh yang mengalami pegal –pegal /rasa nyeri di sikut, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan  di persendian lain nya adalah sama, fonisnya adalah Asam Urat dan Rematik.

Tapi, tunggu  dulu! Keluhan nyeri di persendian tentu  memerlukan cek medis. Namun Anda perlu memahami tentang perbedaan Asam Urat dan Rematik, kenalilah dahulu apa itu Asam Urat Dan Penyakit Rematik untuk menambah  pengetahuan mengenai perbedaan kedua penyakit ini. Berikut Sharingdisini informasinya.

Asam Urat

penyebab asam urat
penyebab asam urat

Asam urat adalah  suatu kondisi saat seseorang mengalami rasa nyeri yang sangat menyiksa pada bagian tulang persendian, seperti pada pergelangan tangan, kaki, dan juga lutut serta siku. Rasa nyeri ini disebabkan oleh timbunan asam urat yang dihasilkan dari zat purin yang berlebih, pola  makan sangat berpengaruh dalam hal ini .

Zat purin penyebab asam urat diproduksi dari sisa makanan yang dikonsumsi oleh tubuh. Ketika tubuh mengonsumsi suatu zat makanan tertentu, sisa dari zat makanan tersebut akan berubah menjadi zat purin, di organ ginjal, zat purin ini kemudian diubah menjadi asam urat. Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang.

Jika asam urat terlalu berlebihan, bisa menyebabkan pembengkakan dan di beberapa kasus bisa terjadi peradangan Asam urat bisa menyebabkan kondisi kronis yang serius, bagian – bagian yang  mengalami dan terkena penyakit asam urat akan membengkak sangat besar , dan fatalnya pembekakan itu akan menyebabkan  rasa sakit yang luar biasa apabila  tidak  segera diobati .

Gangguan yang terjadi pada metabolisme purin menyebabkan penimbunan sodium urat di dalam dan di antara persendian. Asam urat adalah hasil metabolisme tubuh oleh salah satu unsur protein, zat purin dan ginjal, dimana organ tersebut mengatur kestabilan kadar asam urat dalam tubuh dan akan membawa sisanya ke pembuangan air seni.

Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidak mampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Apabila kadar asam urat dalam darah berlebihan, ginjal tidak sanggup mengaturnya sehingga akan menumpuk pada jaringan dan sendi yang mengakibatkan nyeri dan sakit di persendian. Batas normal kandungan asam urat dalam darah pria antara 3.4-7 mg/dl dan wanita 2.4-5.7 mg/dl.

Yang berpotensi mengalami penyakit asam urat  :

1. Usia diatas 40 tahun, karena metabolisme yang mulai kurang sempurna.
2. Suka menyantap makanan yang berpotensi mengandung purin/xanthine, misalnya lemak, daging, jerohan dan kacang-kacangan.
3. Wanita yang mulai menginjak menopouse.

Gejala – gejala yang sering timbul akibat asam urat:

  • Nyeri
  •  Pegal-pegal
  •  Kesemutan pada pangkal ibu jari kaki, telapak kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan kaki
  •   Kaku-kaku pada persendian
  •   Persendian tampak bengkak

Langkah – langkah untuk menghindari asam urat:

  • Menghindari makanan kaya zat purin/Xanthine
  • Menghindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol
  • Banyak minum air putih
  • Mempertahankan berat badan dalam batas normal
  • Mengkonsumsi makanan yang cukup kalori, protein, mineral dan vitamin
  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat untuk membantu mengeluarkan asam urat
  • Mengkonsumsi makanan yang kandungan lemak sedang, karena lemak cenderung menghambat pengeluaran asam urat
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan untuk membantu mengeluarkan kelebihan asam urat

Berikut ini beberapa makanan rendah purin yang bisa diandalkan untuk mengatasi asam urat.

Makanan kaya Vitamin C
Makanan kaya Vitamin C dapat mengurangi asam urat dalam tubuh dan melarutkannya dalam darah dengan mudah.

Ceri
Ceri dapat mengurangi dan mengobati asam urat secara alami. Ceri memiliki sifat anti-inflamasi bernama anthocyanin yang baik untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Produk susu rendah lemak
Produk susu rendah lemak, seperti susu atau yogurt, dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Jeruk nipis
Jeruk nipis dapat melarutkan kristal dan membersihkan tubuh. Untuk membuang racun dari tubuh Anda, Anda dapat menyeduh perasan jeruk nipis dengan air hangat.

Cuka sari apel
Tambahkan 3 sdt cuka sari apel ke dalam segelas air dan minum 2-3 kali setiap hari untuk mengobati asam urat.

Kacang pinto
Kacang pinto kaya akan asam folat yang dapat membantu menurunkan asam urat secara alami. Makanan yang mengandung asam folat, seperti kacang pinto, biji bunga matahari, dapat Anda sertakan dalam menu harian Anda.

Minum banyak air
Ini adalah salah satu pengobatan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Air dapat mengeluarkan racun dari tubuh, termasuk asam urat.

Berries
Buah-buahan segar, terutama stroberi dan blueberry, dapat membantu mengurangi asam urat dan meningkatkan pengobatan asam urat. Makanan yang bisa melawan asam

 

 

Rematik

penyebab reumatik
penyebab reumatik

Rematik adalah terjadinya peradangan kronis pada persendian yang disebabkan oleh adanya gangguan autoimun di dalam tubuh.

Gangguan autoimun yang dimaksud adalah system kekebalan tubuh seseorang yang sejatinya berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri, kuman, virus justru malah menyerang jaringan tubuh atau sel  orang tersebut.

Hal ini menyebabkan tulang rawan yang ada di sekitar persendian menjadi tipis serta membentuk suatu jaringan tulang baru. Rasa nyeri yang ditimbulkan berasal dari adanya pergesekan atau persinggungan di antara tulang-tulang rawan tersebut.

Sekitar 90% penderita Rematik adalah orang yang berusia di atas 60 tahun. Jika usia kita telah melewati 50 tahun, sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan aktivitas yang membebani anggota badan. Penderita rematik yang berbadan gemuk sebaiknya menurunkan berat badan agar beban lutut tidak terlalu berat.

Peradangan sendi atau Rematik juga bisa diartikan peradangan pada persendian yang terjadi secara tiba-tiba (rematik akut) atau secara berangsur-angsur (rematik kronis) yang ditandai dengan bengkaknya persendian.

Tanda / gejala peradangan sendi adalah:

  • Kaku pada persendian
  • Pembengkakan pada sendi
  • Muncul benjolan dibawah kulit
  • Perubahan bentuk sendi
  • Demam, lemah, nafsu makan berkurang

Langkah-langkah untuk mengatasi radang persendian adalah :

  • Latihan fisioterapi
  • Latihan fisioterapi penting sekali guna memelihara mobilitas sendi dan tenaga otot.
  • Menghindari gerakan/ olah raga berat
  • Gerakan/ olah raga berat harus dihindari untuk mengatasi radang persendian.

Pengobatan secara tradisional dan modern

Penyakit Asam Urat dan Rematik bukan penyakit yang sama, namun kedua penyakit ini hampir sama pola penyerangannya yang menyerang pada bagian – bagian tubuh yang merupakan tumpuan antara tulang / daerah – daerah aktif, pertemuan untuk menahan beban, beban berat badan / beban tumpuan yang kita bawa. Wajar saja apabila kedua penyakit ini dapat dikatakan hampir sama oleh  penderita yang belum mengerti sepenuhnya, namun penyebabnya lah yang membedakan penyakit ini, masuk dalam golongan Rematik / Asam Urat, maka hal ini perlu  diperiksa dalam medis agar mengerti sepenuhnya masuk dalam golongan Rematik / Asam Urat. Dan lakukan segera pengobatan apabila  sudah menderita penyakit tersebut. Tindakan  mencegah lebih baik.

Ironisnya, saat ini penyakit rematik juga banyak dialami oleh remaja – remaja / usia produktifitas belum mencapai umur lanjut. Hal ini karena beberapa faktor, yaitu jarang olahraga, mengkonsumsi makanan cepat saji, tidur tanpa kenal waktu, dan masih banyak lagi aktifitas pasif yang secara sadar kita lakukan namun  hal itu  ternyata membuat kita tidak sadar akan bahaya kesehatan  yang akan menghampiri kita.

Rematik harus segera ditangani karena apa bila  penyakit ini tidak ditangani dengan serius akan berakibat fatal! akibat dari tidak seriusnya menangani penyakit Rematik adalah Kelumpuhan.  Segera cek dan lakukan pengobatan apabila anda sudah mengalami penyakit rematik, dan lakukan pencegahan dengan mulai bmenerapkan pola hidup sehat.

Metode pengobatan konvensional maupun metode pengobatan tradisional yang memanfaatkan obat herbal dan alami sangat membantu untuk menyembuhkan penyakit ini. Karena efek samping  dari obat herbal  sangat minim sekali bahkan tidak ada sama sekali , hal ini lah yang menjadi point positif untuk pengobatan herbal karna memanfaatkan alam dan tanaman herbal tertentu yang sudah dilahirkan menjadi obat herbal untuk penyakit – penyakit tertentu, contohnya dalam kasus ini adalah Asam Urat dan Rematik.

Dari hasil beberapa penelitian menemukan:

Penelitian yang dilakukan oleh Shanti G dkk., dari UPM, Serdang, Selangor menggunakan ekstrak jahe dapat mengurangi erosi cartilago dan lapisan permukaan pada sendi. Penelitian berakhir pada kesimpulan bahwa ekstrak jahe memiliki efek menghilangkan/mengurangi rasa sakit pada sendi penderita osteoarthritis.

Penelitian dari M Wien Winarso, tentang kajian komposisi jamu pegal linu, Pusat Penelitian dan Pengembangan Farmasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, Jakarta, membuktikan bahwa greges otot dapat digunakan sebagai antiinflamasi.

Penelitian yang dilakukan oleh Eun Bang Lee dkk, dari Korea terhadap piperina alkaloid (kandungan merica hitam) terhadap mencit albino jantan dengan metode geliat terhadap tikus Sprague Dawley jantan. Dari uji ini disimpulkan bahwa piperina mempunyai efek analgesik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.