Membersihkan Rumah dengan Bahan-Bahan Alami

pembersih alami untuk rumah

 

pembersih alami untuk rumah
pembersih alami untuk rumah

Memiliki rumah yang bersih dan nyaman merupakan dambaan setiap pemilik rumah. Selain itu, kebersihan rumah juga merupakan salah satu kunci kesehatan anggota keluarga. Oleh karena itu, kegiatan membersihkan rumah menjadi wajib hukumnya untuk menciptakan rumah yang bersih dan nyaman.

Kegiatan ini pun tergolong mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Cukup luangkan sedikit waktu dan tenaga. Tidak memiliki asisten rumah tangga di rumah bukan alasan untuk tidak melakukan kegiatan bersih-bersih. Anda dapat melakukannya sendiri dengan bantuan berbagai tips membersihkan rumah yang tersedia di banyak sumber tepercaya.

Dengan keberadaan anak-anak di rumah, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk pembersih perabot rumah tangga. Produk-produk yang
sering dijumpai di toko-toko kebanyakan mengandung bahan-bahan kimia yang tergolong berbahaya bagi kesehatan, misalnya pembersih lantai
yang mengandung formalin sebagai bahan aktif. Aroma formalin yang tidak sedap kerap disembunyikan di balik aroma zat pewangi tambahan. Formalin berfungsi untuk mematikan kuman namun bersifat beracun jika terminum.

Bukan tidak mungkin ketika Anda sedang sibuk bersih-bersih sehingga tidak terlalu mengawasi anak-anak, rasa ingin tahu mendorong mereka untuk meminumnya. Untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda menggunakan produk-produk pembersih rumah yang terbuat dari bahan alami.

Air teh

Anda dapat menyisihkan sedikit porsi air teh yang biasa dikonsumsi anggota keluarga dan menggunakannya sebagai pembersih peralatan logam yang berkarat. Cara penggunaannya pun mudah. Cukup rendam peralatan yang ingin dibersihkan ke dalam air teh yang sudah dididihkan, kemudian angkat dan keringkan. Hasilnya, peralatan besi Anda bersih dari noda karat.

Bubuk soda kue

Selain digunakan untuk membuat kue, ternyata bubuk soda kue juga dapat digunakan untuk membersihkan perabot rumah tangga, khususnya karpet. Caranya, taburkan bubuk soda kue ke bagian karpet yang terkena noda lalu bersihkan menggunakan alat pengisap debu. Hasilnya, noda pada karpet akan lenyap bersama bubuk soda kue karena tersedot alat pengisap debu. Selain itu, bubuk soda kue juga dapat dipakai untuk membersihkan perabot dapur, seperti karat pada keran hingga pembuka tutup botol.

Cuka

Selain biasa digunakan sebagai penyedap makanan, cuka juga dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. Untuk menghilangkan aroma
tidak sedap di ruangan, Anda cukup perlu menaruh cuka di sudut ruangan untuk menetralkan bau. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing yang sering bermain di atas karpet, Anda dapat menghilangkan bau bekasnya menggunakan cuka.

Minyak goreng

Jika rumah Anda memiliki banyak mebel berbahan rotan atau kayu, Anda dapat menggunakan minyak goreng untuk membersihkannya. Bahan dapur yang biasa dimanfaatkan untuk menggoreng ini dapat membuat furnitur berbahan rotan atau kayu terlihat lebih cemerlang dan bersih dari debu-debu. Caranya pun mudah. Cukup oleskan minyak goreng pada mebel dan gosok menggunakan kain yang berbahan lembut.

Perasan jeruk lemon dan garam

Kandungan asam yang tinggi pada perasan jeruk lemon dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih rumah. Dengan campuran perasan jeruk lemon dan garam, Anda dapat membersihkan keran, kerak pada wastafel, dan peralatan dapur yang mudah berkerak lainnya. Cukup dengan menggosok secara kuat perabot yang berkerak menggunakan campuran perasan jeruk lemon dan garam maka kerak pun akan terangkat. Campuran perasan jeruk lemon dan garam pun dapat digunakan untuk membersihkan perabot rumah tangga yang terbuat dari kaca.

Kopi

Tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai minuman, ternyata kopi juga dapat digunakan untuk membersihkan rumah. Aroma kopi yang khas dapat dipakai untuk menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi. Siapkan sehelai kain dan isilah dengan bubuk kopi secukupnya lalu letakkan atau gantung di kamar mandi. Selain itu, bau tidak sedap di kulkas yang berasal dari daging atau sayuran di dalamnya juga dapat dihilangkan dengan meletakkan semangkuk kopi di dalamnya. Kopi juga dapat menghilangkan aroma tidak sedap yang sulit dihilangkan di lemari, ruangan, bahkan peralatan makan karena kekuatan aroma biji kopi dapat menyerap bau menyengat secara mudah.

Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda untuk membersihkan rumah secara aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.