Manfaat Pilates Bagi Remaja Di Usia 20an

manfaat pilates
manfaat pilates
manfaat pilates

Masa remaja merupakan masa dimana perkembangan terhadap tubuh menjadi sangat cepat dan pada masa tersebut para remaja dapat memaksimalkannya dengan berolahraga. Pilates merupakan salah satu dari sekian banyak latihan gerak tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan
tubuh. Tidak sedikit remaja yang tidak percaya diri dengan tubuhnya.

Seperti remaja yang memiliki berat badan yang berlebih, tubuh yang pendek atau tubuh yang terlalu tinggi dibanding teman sebayanya. Untuk menutupi bagian tubuh mereka, tanpa sadar mereka menjadi sering membungkkuuk atau memiringkan tubuhnya sehingga menyebabkan sebuah kebiasaan buruk.

Gerakan pilates dapat memperbaiki postur tubuh yang salah, yaitu dengan memperkuat daerah core (otot perut) sebagai penyangga badan dan tulang belakang. Pilates juga menstabilkan daerah bahu dan panggul sehingga cara berdiri, berjalan atau berkegiatan sehari-hari menjadi lebih baik dan efisien. Jadi, apa saja manfaat pilates bagi remaja?

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Gerakan pilates dapat meningkatkan kepercayaan diri kita karena dengan pilates kita dapat mengencangkan dan mengecilkan tubuh. Jadi remaja yang tidak nyaman dengan tubuhnya yang terlalu gendut atau terlalu kurus dapat diseimbangkan oleh latihan pilates.

2. Meningkatkan keseimbangan

Pilates melatih kita untuk focus terhadap kekuatan otot perut. Jika otot perut kita kuat, maka dapat meningkatkan keseimbangan tubuh secara menyeluruh.

3. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik dan tidak dapat dilihat pada gambar di atas. Remaja dengan postur tidak baik rentan terhadap sakit pada tulang seperti nyeri dan pegal-pegal. Latihan pilates akan membentuk postur badan menjadi postur yang baik dengan cara meregangkan otot-otot yang terdapat pada tulang punggung.

4. Menurunkan berat badan

Walaupun latihan pilates tidak banyak mengeluarkan keringat dan kalori pada tubuh seperti fitness, namun latihan pilates dapat meningkatkan metabolisme anda. Dimana jika metabolisme tubuh anda tinggi, maka pengurangan kalori akan jauh lebih efektif dalam menurunkan berat badan.

5. Memaksimalkan tinggi badan

Pada masa remaja tubuh akan berkembang sangat pesat, akan tetapi tidak akan berkembang secara maksimal jika tidak dipadukan dengan makanan yang baik dan olahraga yang benar. Maka, pilates merupakan latihan cocok untuk meninggikan tubuh, karena pada latihan pilates akan menarik punggung agar lebih panjang dan tubuh akan menjadi lebih tinggi.

 

Penulis: Her Ayu Nur Kusumo Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.