Insomnia? 10 makanan ini penyebabnya!

insomnia

Sulit tidur (insomnia) merupakan gangguan umum yang menimpa banyak orang. Untuk memahami penyebab insomnia kita perlu melihat apakah gaya hidup kita sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Insomnia atau susah tidur adalah suatu gangguan atau gejala yang menyebabkan penderitanya tidak bisa menikmati kualitas tidur yang baik.

Menurut derajat gangguan yang disebabkannya, insomnia dibagi menjadi dua tahap atau level. Yakni tahap ringan dan berat. Tahap insomnia ringan orang yang mengidap pada tahap ini masih bisa tidur tetapi disela sela tidurnya dia terbangun dan sulit kembali tidur lagi. Tahap insomnia berat ini sangat berbahaya karan biasanya tidak bisa tidur sama sekali pada malam hari, kondisi ini sangat buruk karana tidur merupakan peran yang penting dalam peristirahatan tubuh seperti perbaikkan serta peremajaan sel jaringan tubuh yang rusak.

Penyebab insomnia ada dua yaitu penyebab internal dan penyebab eksternal. Penyebab internal yaitu seperti kelainan atau gangguan medis atau lebih sering kita kenal sebagai kondisi sakit yang menyebabkan penderitanya susah tidur. Yang kedua penyebab internal insomnia adalah kelainan psikiatris atau gangguan jiwa, gangguan jiwa ini berupa stres,  depresi, khawatir akan sesuatu, rasa panik yang berlebihan dan juga trauma yang tentu saja penderitanya susah mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Salah satu contohnyaseperti orang yang kerja lembur, orang yang mengalami mimpi buruk sehingga takut tidur lagi. Penyebab eksternal insomnia ini berkaitan dengan lingkungan seperti tempat tidur yang tidak nyaman, suhu udara yang terlalu panas atau terlalu dingin, kebisingan. Kondisi ini bisa membuat seseorang menderita insomnia jika terjadi secara terus menerus.selain faktor internal dan eksternal tadi yang menyebabkan insomnia bisa juga akibat gaya hidup yang tidak baik. Untuk memahami penyebab insomnia kita perlu melihat apakah gaya hidup kita sesuai dengan kebutuhan tubuh. Apakah makanan yang dikonsumsi pun sudah aman?

Berikut ini makanan yang dapat menyebabkan insomnia :

Kafein. Jauhi semua makanan ataupun minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, cokelat hitam, dan juga minuman energi. Kafein menyebabkan jantung berdebar dan tubuh pun terjaga.

Makanan Berprotein Tinggi. Makanan protein terutama daging merah sulit dicerna.
Makanan ini mencegah tidur dan menghambat produksi serotonin. Hal ini akan membuat Anda terjaga.

Makanan yang mengandung gas. Jauhi makanan pedas dan yang memproduksi gas seperti kacang polong, kacang-kacangan, dan brokoli.

Makanan Bergula. Makanan ini bisa meningkatkan energi. Energi yang meningkat, akan menyebabkan ketidakseimbangan pola tidur. Hindari makanan yang manis seperti kue, cokelat, dan makanan penutup.

Produk Olahan Susu. Meskipun susu sapi segar sangat baik untuk membuat Anda tidur, namun tidak demikian dengan produk olahannya seperti susu tinggi lemak, dadih, keju, es krim dan butter. Makanan ini selain sulit dicerna, juga membuat Anda merasa kekenyangan yang akhirnya menyebabkan mulas.

Makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan yang tinggi lemak membuat tubuh sibuk membakar lemak dan bukannya beristirahat.

Alkohol. Beberapa orang menganggap alkohol dapat membantu tidur cepat, namun pada kenyataannya, alkohol meskipun dapat membuat peminumnya tertidur, namun tidak akan tahan lama bahkan tidak membuat kita merasa segar saat terbangun.

Makanan Cepat Saji. Makanan ini tidak hanya tinggi lemak tapi juga biasanya pedas sehingga sangat tidak dianjurkan.

Minum Cairan. Minum banyak air memang bagus, tapi sebaiknya batasi minum sepanjang sore dan malam karena dapat membuat kembung dan merasa ingin pergi ke Makanan Kemasan. Makanan olahan atau kemasan ini pun bisa menyebabkan mulas karena mengandung lemak tinggi.

Rokok. Meskipun yang satu ini bukan makanan, namun nikotin dalam rokok juga “dimakan” oleh tubuh. Produk ini tidak hanya buruk buat kesehatan secara keseluruhan, tapi juga menyebabkan insomnia.

Itulah 10 makanan penyebab Anda bisa menjadi penderita insomnia. Ada baiknya makanan-makanan di atas dihindari. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.  Tentunya hal itu pun berarti, tubuh yang sehat akibat tidur yang cukup, akan membuat jiwa Anda bugar dan Anda dapat melakukan aktivitas sepanjang hari dengan baik.

Penulis : Yesica Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.