Khasiat dan Cara Membuat Infused Water

Apa itu infused water?

Infused water atau spa water atau dalam bahasa indonesia disebut air infus adalah air putih yang diberi tambahan potongan buah-buahan, sayuran, dan rempah sehingga memberikan cita rasa dan manfaat untuk kesehatan.

infused water

Bagaimana cara pembuatan infused water?

Infused water dibuat dengan cara memasukkan irisan buah-buahan atau herbal ke dalam air putih kira-kira 500ml . kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air sudah berasa buah, dapat didiamkan dalam lemari es selama 2-4 jam, lalu Fruit infused water siap diminum. Jika airnya habis maka bisa diisi ulang. Namun lebih baik jika bahan-bahan diganti dengan yang baru. Buah, sayuran dan herbal mudah mengalami pembusukan dan  mudah teroksidasi sehingga mengubah bau dan warnanya, dan mudah hancur jika disimpan terlalu lama.

Biasanya bahan yang sama dapat digunakan selama 48 jam, namun lebih baik jika diganti setelah 8 jam.

– Bahan-bahan yang dapat digunakan: Air putih, timun jepang,stroberi,lemon,jeruk nipis,kiwi,the hijau,dan daun mint kombinasi aneka Bahan

Inilah manfaat fruit infused water bedasarkan kombinasi aneka buah yang digunakan:

1. Stroberi dan kiwi. Campuran buah stoberi dan kiwi dapat memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan kardiovaskular dan menjaga gula darah,selain manfaat sehari-hari untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh juga untuk melancarkan pencernaan

2. Teh hijau, daun mint dan jeruk nipis. Kombinasi ini memberikan manfaat jangka panjang untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan,selain itu meredakan sakit kepala,mengatasi susah buang air besar,dan  menjaga bau
mulut.

3. Mentimun, Jeruk nipis dan Lemon. Campuran buah kategori asam  ini dapat mengontrol nafsu makan,mengatasi kembung,mengatasi dehidrasi, dan juga menjaga kesehatan pencernaan.

4. Lemon dan  Jeruk nipis. Hampir sama dengan sebelumnya,campuran kedua ini bermanfaat sebagai sumber Vitamin C dan meningkatkan  sistem pertahanan tubuh.

Dengan cara ini, air putih yang dikonsumsi menjadi lebih beraroma dan terasa segar. Namun bukan berarti infused water akan terasa manis seperti jus atau sari buah sebab pembuatan infused water tanpa gula dan inilah yang menjadi keunggulan dari infused water yang berbeda dari air minum biasa. Infused water juga bisa digunakan untuk mereka yang tidak sempat mengkonsumsi buah atau kurang suka buah-buahan. Dengan memasukan irisan buah yang warna-warni juga dapat memancing selera seseorang untuk menyukai buah dan infused water juga dapat menjadi alternatif untuk mendorong orang untuk meminum air putih lebih banyak.

 

Artikel oleh Michelle Halim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.