Perawatan yang Baik Untuk Bibir Merona

Bibir memiliki lapisan kulit yang sangat tipis dibandingkan dengan bagian kulit yang lain, sehingga perawatan intensif sangatlah diperlukan dari sekarang!

Terpaan sinar matahari, radikal bebas, stress, makanan hingga nikotin sangatlah berpengaruh pada bibir. Bibir yang mengalami penuaan biasanya terlihat lebih berkerut dan kasar, juga bibir tidak lagi terlihat berisi dan kenyal yang disebabkan oleh rusaknya kandungan kolagen pada bibir. Garis halus serta keriput juga akan semakin terlihat jelas di area sekitar bibir. Penuaan sebuah proses yang tidak bias dihindari oleh siapapun, namun ada beberapa solusi diantaranya yang dapat dilakukan untuk mencegah kemunculan lebih awal.

Tetapi sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya Anda mengetahui lebih lanjut bahaya yang akan terjadi pada bibir Anda. BEWARE terhadap bibir anda! Terdapat pula berbagai kondisi bibir yang kerap terjadi dan patut di waspadai!

1. Cosmetic Dermatitis

Ditandai dengan bercak kemerahan, disertai dengan rasa gatal. Biasanya hal ini disebabkan oleh zat-zat tertentu yang menyebabkan iritasi kulit
bibir. Sebelum memilih prodak lipstik, ada baiknya untuk memperhatikan kandungan yang terdapat dikemasan prodak tersebut.

2. Photosensitivity

Disebabkan oleh terpaan sinar matahari dan prodak yang menyebakan kemerahan seperti terbakar dan bengkak pada bibir. Untuk menghindarinya, anda dapat melindungi bibir cukup dengan minimal SPF 15 atau lebih.

3. Angular Cheilitis

Indikasi utama adalah kulit pada sudut bibir yang tampak pecah – pecah, berwarna kemerahan dan disertai rasa perih. Biasanya hal ini disebabkan oleh kurangnya vitamin B kompleks dan zat besi, serta kebiasaan membasahi bibir dengan air liur.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat bibir Anda untuk semakin menjadi lebih sehat:

1. Membasahi bibir dengan air liur ternyata bisa membuat bibir semakin cepat kering, karena air liur mengandung enzim tertentu yang bisa
mengiritasi kulit bibir. Untuk menjaga kelembapan, kamu dapat menggunakan lip blam secara teratur.

2. Kulit bibir sangat sensitif terhadap sentuhan dan perubahan cuaca, sehingga selalu membutuhkan perlindungan yang baik dan maksimal.

3. Bibir memiliki fungsi yangs sangat penting untuk mengenali objek yang tidak dikenal. Hal inilah yang menyebabkan mengapa bayi selalu
memasukan benda – benda ke dalam mulut.

4. Perubahan warna bibir menjadi kebiru biruan (atau yang dinamakan cyanosis) diakibatkan karena tubuh kekurangan oksigen atau terkenanya udara dingin.

5. Diwajibkan untuk membersihkan bibir terlebih dahulu sebelum Anda melakukan touch up lipstik. Anda dapat memilih lip blam yang memiliki
beberapa kandungan efektif melembabkan kulit seperti petroleum, gliserin dan shea butter.

6. Aroma buah – buahan yang dihasilkan oleh wewangian yang menjadi komposisi tambahan dan kandungan lainnya masih berfungsi sebagai
pelembab bibir.

7. Mengoleskan bibir dengan madu sebelum tidur sangat efektif untuk melembabkan bibir menjadikannya lebih sehat.

8. Pilihlah pelembab bibir yang mengandung SPF 15 atau lebih sebagai perlindungan yang lebih maksimal dan biasakan untuk menggunakannya
setengah jam sebelum Anda keluar dari ruangan.

9. Untuk mengatasi bibir yang mengelupas, gunakan scrub lembut khusus bibir, dengan saran dua minggu sekali.

10. Bagi yang memiliki bibir berwarna gelap, rawat menggunakan masker khusus secara teratur untuk mendapatkan warna yang lebih cerah dan bisa merangsang pergantian sel kulit mati menjadi yang baru.

tips bibir sehat

 

 

Artikel oleh Olivia Carmia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.