6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Travelling

vacation

Liburan natal dan akhir tahun akan segera tiba dan pastinya kita sudah merencanakan traveling seru yang ditunggu-tunggu. Traveling merupakan hal yang menyenangkan dan pastinya selalu ada banyak sekali hal yang harus kita rencanakan serta persiapkan sebelum melakukan perjalanan.

Sangatlah penting untuk kita membuat daftar semua hal yang akan dilakukan sebelum berangkat, agar perjalanan kita lancar dan menyenangkan. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum kita berangkat?

1. Carilah Informasi

Sebelum melakukan perjalanan, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai tempat tujuan kita. Misalnya, lakukan pencarian online untuk mengetahui dengan jelas dan terperinci tentang tempat menginap, tempat yang akan kita kunjungi, tempat terbaik untuk kuliner. Bacalah review dan pengalaman wisatawan yang telah mengunjungi tempat tersebut sebagai referensi. Hal ini sangatlah penting agar kita selalu siap di segala kondisi ketika melakukan travelling.

2. Rencanakan Secara Menyeluruh

Rencanakanlah dengan baik perjalanan kita di awal, sehingga dapat membantu kita untuk mengetahui tempat yang akan kita tuju dan kita dapat menikmati waktu liburan di sana. Tanyakan dan konsultasikan kepada keluarga atau teman yang memiliki pengalaman mengunjungi tempat tersebut dan mintalah mereka untuk membantu kita merencanakan perjalanan.

3. Dokumen Perjalanan

Jika kita travelling ke luar negeri, pastikan paspor dan visa kita selalu dibawa. Sebaiknya gunakan satu tas berisi semua dokumen yang diperlukan agar tidak tercecer. Sebelum melakukan perjalanan, periksalah terlebih dahulu apakah dokumen tersebut valid dan tidak tertinggal.

4. Persiapkan Obat-obatan

Bawalah satu kotak/tas berisi obat-obatan untuk keadaan darurat. Jika kita memiliki penyakit tertentu dan tergantung dengan obat, maka bawalah obat tersebut sebagai pertahanan kita selama di perjalanan. Jangan lupa siapkan resep dokter dan vaksinasi sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit sebelum kita travelling

5. Siapkan Nomor Kontak Penting

Mencatat dan membawa nomor kontak keluarga dan teman-teman di ponsel ialah hal yang penting dilakukan sebelum melakukan perjalanan dan jangan lupa untuk menuliskan nomor-nomor tersebut di notepad kita. Sangatlah penting bagi orang-orang terdekat kita untuk mengetahui kemana kita pergi dan bagaimana cara mereka dapat menghubungi kita. Memberikan alamat dan nomor kontak di mana kita berlibur merupakan cara agar orang-orang terdekat dapat menghubungi kita.

 

Oleh: Dina Anjani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.