5 Mata Kuliah yang Aneh dan Unik di Amerika

Di Amerika Serikat (USA) ada beberapa kampus yang mengembangkan mata kuliah unik dengan latar belakang fenomena sosial yang tengah berkembang dimasyarakat seperti mata kuliah tentang Lady Gaga di university of South Carolina.

Selain itu ada juga kampus –kampus yang menyediakan mata kuliah tentang suka cita bersama sampah di Santa Clara University dan ada mata kuliah yang unik seperti kelas Zombie di Columbia college.

Bermacam mata kuliah yang unik ini menunjukan kreativitas para dosen dalam menerjemahkan fenomena sosial kedalam pembahasan akademik yang menarik.

College Tims melansir daftar 5 mata kuliah yang paling keren yang sedang hits di Negeri paman sam tersebut.

1. The Art Walking (Centre College in Danvile, Kentucky)
art walking
Dikelas The Art of Walking yang dibuat Keffer mengajak seluruh mahasiswanya berjalan kaki ditengah alam bebas. Keffer ingin memberikan pengalaman berkomunikasi dan mahasiswa dapat mempelajari filosofi-filosofi yang sederhana dengan menemukan cara-cara baru dalam melihat keberadaan diri sendiri ditengah alam.

2. White-Collar and Corporate Crime (University of California)
white collar
Selain para narapidana ,civitas academica dideparteman Ekoogi Budaya University of Carolina adalah mata kuliah pakar  dalam bidang kejahatan kerah putih. Salah satu mata kuliah mereka.White – Collar and Corporate Crime membedah motif agar para tersangka dapat  mempelajari aktivitas kriminal dianara beragam profesi,bisnis kelas atas dan organisasi. Dikelas ini,kamu akan diajak membedah kasus mafia-mafia ternama sepanjang sejarah.

3. Topics in Comparative Media: American Pro Wrestling (Massachusetts Institute of Technology)
karate
Departemen yang kajian perbandingan media di MIT ini mengajak mahasiswanya mempelajari bagaimana dunia gilat di AS. Mata kuliah ini dapat membuat mahasiswa mengeksplorasi sejarah budaya dan mahasiswa dapat meliput media tentang olahraga tersebut. Bukan hanya itu para mahasiswa pun meneliti kronologi perubahan karakter dan penelitian para atlet gulat profesional sejak dipengaruhi bisnis.

4.  Psychology of Facebook (Stanford University)
psikologi of fb
Pengaruh media jejaring sosial online sangat besar dalam masyarakat  dan fenomena ini pun mendorong Stanford University membuka kelas The
Psychology of facebook untuk mempelajari facebook dapat membujuk masyarakat didalam media jejaring sosial. Dan lucunya,silabus dan deskripsi tentang mata kuliah inu dapat kamu temukan dalam grup facebook. Jadi kamu dapat belajar walaupun tidak tercatat sebagai mahasiswa Stanford.

5. Daytime Serials: Family and Social Roles (The University of Wisconsin)
daytime serial
Kamu tidak perlu merasa “bersalah” karena sering menontong opera sabun setiap hari. Departemen kajian wanita dikampus ini membuka mata kuliah yang mengajak mahasiswa menyaksikan bemacam-macam sinetron,yang kemudian diikuti dengan adanya diskusi. Dan para mahasiwa dikelas pun aakn diminta menguraikan bagaiman sineton-sinetron ini mempengaruhi isu gender dimasyarakat dewasa ini. Tidak hanya itu ,jika mengikuti kelas ini,kami akan menganalisa tema dan karekter yang menjadi populasi sinetron ditelevisi dan terhadap kelurga dan dunia kerja mereka.

6. Disney in America (University of Iowa)
disney
kelas ini akan mengupas habis bagaimana kiprah korporasi tersebut sejak 1920 hingga sekarang. Matakuliah ini bahkan mengekspos kontribusi Hollywood pada mowen penting dalam sejarah

7. Underwater Basket Weaving (Reed College)
underwater basket
Dikampus ini, mahasiswa diajarkan mempelajari proeses pembuatan keranjang rotan. Mata kuliah uink ini akan mengajarkan proses tersebut dari awal sampai akhir,dengan merendam rotan dan batang tanaman didalam air hingga terbenam semuanya.

 

Artikel oleh Stefani Shiteru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.