Pemakaian Pantyliner Bahayakan Wanita

pantyliners

Bagi sebagian wanita, penggunaan patyliner merupakan hal yang penting, mengingat kegunaan dari pantyliner untuk menjaga kelembaban daerah intim serta megatasi keputihan. Namun tak semua wanita mau menggunakan pantyliner apalagi dalam pemakaian keseharian, dikarenakan efek pada penggunaan pantyliner yang berlebihan.

Pantyliner merupakan benda sejenis dengan pembalut yang pada umumnya berukuran lebih kecil dan lebih tipis. pantyliner biasanya digunakan saat wanita mengalami keputihan atau mengeluarkan cairan berlebih dari miss V. Sebenarnya penggunaan pantyliner tidaklah dilarang, namun tetap ada aturan dalam penggunaan nya. Kebanyakan wanita berpikir bahwa dengan penggunaan pantyliner, wanita merasa nyaman dan tetap kering pada daerah miss V. Namun sebeneranya penggunaan pantyliner tidaklah selalu baik, seperti beberapa hal berikut ini:

  • Pemakaian pantyliner dalam kurung waktu yang lama (lebih dari 6 jam) malah akan menyebabkan daerah miss V mengalami kelembaban yang tinggi dan bisa membuat bakteri bermukim di permukaan pantyliner tersebut.
  • Penggantian pantyliner sangat dianjurkan setiap sehabis uang air kecil atau besar dan menggantinya setiap 6 jam sekali, karena akibat dari bakteri yang ada pada pantyliner, maka akan menimbulkan beberapa efek seperti, gatal,bau tidak sedap serta timbul nya infeksi.
  • Hindari pemakaian pantyliner berparfum (non-perfumed) agar tidk terjadi iritasi pada kulit.
  • Pemakaian yang rutin (setiap hari) pada pantyliner adalah tidak dianjurkan, karena lebih baik membersihkan miss V dan mengganti celana dalam setiap saat daripada penggunaan pantyliner yang terus menerus.
  • Pakailah pantyliner sesuai dengan keperluan dan saat tertentu, seperti saat sedang perjalanan jauh dan tak memungkinkan untuk mengganti celana dalam, penggunaan pantyliner paling tidak 2 hari sebelum menstruasi dan beberapa hari sesudah menstruasi, dan keputihan dengan sangat banyak.
  • Gunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan celana dalam berbahan katun untuk membantu sirkulasi udara pada daerah miss V.

Menjaga kebersihan daerah kewanitaan adalah hal yang penting, karena sebagai wanita miss V adalah mahkota yang sangat berharga dan harus dijaga kebersihan nya.

 

Artikel oleh Vyrana Hendrastuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.