10 Tips Efektif Persiapan Pernikahan

persiapan pernikahan

Pernikahan merupakan momen yang sangat bearti dan peristiwa yang besar bagi seseorang, terutama bagi para wanita. Karena menikah hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup, dan menginginkan perayaan pernikahan yang berkesan bagi Anda. Tidak heran para wanita merencanakan pernikahannya dengan sangat detail.

Pernikahan yang berkesan tidak selalu membutuhkan Budget yang tinggi. Berikut tips dalam mempersiapkan pernikahan kalian dengan efektif

1. Bila Anda sudah memutuskan untuk melangsungkan pesta pernikahan, diskusikan rencana tersebut kepada keluarga. Dan membicarakan mengenai budget Anda dengan pasangan Anda, dengan diskusi kepada keluarga akan memberikan solusi yang akan menekan biaya Anda. Misalnya ada kenalan pihak katering, kue pengantin.

2. Tentukan jumlah undangan Anda. Pikirkan orang-orang yang anda harapkan hadir di pesta pernikahan anda. Dan anda harus menyingkirkan rasa ‘tidak enak’ anda bila tidak mengundang si A yang tidak dekat dengan anda, karena apabila anda mengikuti rasa ‘tidak enak’ itu, jumlah undangan anda akan membludak.

3. Tentukan tipe pesta pernikahan yang akan anda selenggarakan. Apakah tipe pesta anda dengan makan prasmanan atau dengan sitting-dinner. Apakah pesta anda akan diselenggarakan di dalam Ballroom atau Outdoor Party. Hal ini akan menentukan budget anda dan juga lokasi pernikahan anda.

4. Buatlah daftar biaya budget pernikahan Anda agar dapat memilih vendor pernikahan sesuai dengan budget yang sudah Anda susun. Prioritaskan hal yang paling penting seperti, Gedung pernikahan, Bridal, Catering, Photography Wedding Day & Prewedding.

5. Tentukan lokasi pernikahan Anda sesuai dengan tipe pesta pernikahan anda. Dan lokasi pernikahan anda harus sesuai dengan jumlah undangan yang akan Anda undang.

6. Seluruh acara prosesi adat maupun pemberkatan pernikahan dilangsungkan dalam satu hari saja. Karena bila dilangsungkan dalam dua hari, biaya akan semakin membengkak daripada pesta satu hari.

7. Kunjungi pameran Wedding Expo. Setiap tahunnya akan ada pameran Wedding untuk mempersiapkan pernikahan, tips pertama datanglah ke pameran wedding untuk mencari dan mengamati vendor pernikahan yang ada. Mintalah semua brosur yang Anda butuhkan seperti vendor Gedung pernikahan / Hotel, Catering, Dekorasi, Wedding Cake, Entertainment, Photography Prewedding & Wedding Day, Bridal, Photobooth dan Wedding Organizer.

8. Mulailah Memilah brosur-brosur yang sudah Anda dapatkan di Wedding Expo. Anda dan pasangan Anda perlu memilah brosur yang menarik bagi Anda dan penawaran yang masuk ke dalam budget pernikahan yang sudah Anda susun.

9. Datangilah booth vendor yang sudah anda pilah bersama dengan pasangan. Anda juga dapat membawa pihak keluarga agar dapat mendiskusikannya langsung dan mendengarkan penawaran dari pihak vendor. Namun jangan hanya terpaku dalam satu vendor saja, cobalah ke vendor lain untuk membandingkan penawaran yang diberikan setiap vendor.

10. Dalam dealing dengan vendor, anda harus tahu apa yang anda perlukan dalam pernikahan anda. Mintalah rincian paket atau penawaran dan juga bonus yang diberikan oleh vendor ditulis dengan jelas di berkas dealing anda, agar anda tidak dapat dibohongi atau dicurangi oleh pihak vendor.

 

Artikel oleh Diana Natalia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.