6 Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Merusak Otak

Berbagai kegiatan yang kita lakukan merupakan kendali otak, otak merupakan pusat kendali tubuh yang paling penting pada manusia. Bagaimana jika kinerja otak kurang baik? Kegiatan dan berbagai aktivitas akan terganggu dan bermasalahnya tentunya. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dan perlu menghindari kebiasaan dalam keseharian kita yang dapat merusak otak :

  1. Polusi udarakebiasaan tak sehat 1

Polusi udara adalah dimana udara banyak mengandung bahan kimia, partikel, dan zat-zat berbahaya lainnya. Otak adalah bagian yang paling banyak menyerap udara, jika udara yang di hirup telah terkontaminasi maka otak tidak dapat berkerja dengan baik. Maka dari itu ada baiknya kita menyediakan masker untuk menghindari udara yang tidak sehat untuk otak.

 

  1. Makan-makanan dalam kemasan kebiasaan tak sehat 2

Dibalik praktisnya makanan-makanan dalam kemasan banyak diantaranya dapat memicu berbagai penyakit, karna banyak mengandung pewarna makanan dan MSG diantaranya, yang dapat merusak sistem otak. Oleh karena itu mulailah memilih makan-makanan yang baik dan sehat.

 

  1. Menutup kepala saat tidur kebiasaan tak sehat 3

Jangan heran jika otak lama kelamaan akan rusak karena kebiasaan ini. kebiasaan ini sangat berbahaya, Karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar

 

  1. Jarang berbicara kebiasaan tak sehat 4

Kebiasaan ini bisa dibilang unik bahkan sebagian dari kita belum mengetahuinya, pada umumnya percakapan antar intrapersonal maupun interpersonal adalah hal yang baik untuk melatih otak, untuk itu biasakan memulai percakapan positif untuk melatih kesehatan otak.

 

  1. Berpikir terlalu keras ketika sakit kebiasaan tak sehat 5

Saat sakit otak berkerja tidak efektif seperti biasanya, jika digunakan untuk berpikir dengan keras seperti bekerja atau belajar tentu otak tidak akan berkerja dengan efisien. Akan lebih baik jika istirahat atau tidur dan tidak memforsir otak untuk tetap berkerja.

 

  1. Menggunakan ponsel terlalu lama kebiasaan tak sehat 6

Penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama, tidak hanya dapat merusak mata melainkan menjadi salah satu kerusakan pada otak yang disebabkan oleh gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh hp mengakibatkan pengembangan otak. Akan lebih baik jika dapat menggunakan ponsel seperlunya.

 

 

 

 

Kesadaran akan bahaya kerusakan pada otak masih rendah. Sebagian orang bahkan tidak menyadari aktivitas sehari-sehari mereka membahayakan kesehatan organ tubuh manusia yang paling penting, otak. Hal ini tentu tidak boleh diabaikan karena kerusakan otak dapat sangat membahayakan manusia.

 

Artikel oleh Sania Zahra

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.