Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

Banyak faktor yang data menyebabkan timbulnya jerawat. Faktor biologis seperti genetika, faktor lingkungan yang kotor, juga faktor makanan yang tidak sehat. Walau sulit untuk mengimbangi pola hidup agar bebas dari jerawat, banyak hal-hal yang dapat dilakukan agar mencegah ataupun mengobatinya. Terkadang hal-hal kecil yang tidak diperhatikan, adalah penyebab utama. Untuk itu sangat diperlukan ketekunan untuk merawat kulit terutama kulit wajah agar bebas dari jerawat. Berikut tips-tips yang dapat diterapkan agar mencegah timbulnya jerawat, juga mengobati.

mencegah jerawat

  1. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya selain berguna untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, siapkan satu batang lidah buaya lalu kuliti lidah buaya tersebut hingga terpisah dari kulitnya. Lalu oleskan Lidah buaya yg telah dikuliti tadi ke wajah selama 15 menit, diamkan dan bilas, lakukan rutin setiap hari, jerawat dapat mengempis dan tidak berbekas.

  1. Jeruk Lemon sebagai mimunan dan juga masker

Potong jeruk Lemon menjadi dua bagian, lalu campur dengan air panas, air lemon dapat digunakan sebagai minuman herbal untuk kesehatan. Lemon juga baik untuk dijadikan masker, karena berguna untuk mengurangi minyak di wajah.

  1. Hindari makanan berlemak

Walau belum ada bukti yang konkret kalau coklat menyebabkan timbulnya jerawat, tetapi makanan berlemak menyebabkan ketidakstabilan hormon dan berpotensi menimbulkan jerawat. Hindarilah gula dan makanan manis, anda bisa mengganti makanan tersebut dengan jenis lainnya, contoh anda bisa mengganti nasi dengan roti gandum yang tidak mengandung glukosa.

  1. Perbanyak sayuran hijau dan buah

Cobalah jus brokoli dan wortel, sangat baik untuk kesehatan kulit. Jika belum terbiasa memakan sayuran hijau, mungkin meminum jus buah yang dicampur dengan sayuran dapat menjadi solusi yang tepat

  1. Teh hijau sebagai minuman pagi

Biasakan meminum the hijau disamping minum ari mineral sebanyak 2 L perhari. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah kanker dan untuk kesehatan, membuang kandungan racun dalam tubuh sehingga berpengaruh pula dalam mempercantik kulit

  1. Masker madu dan Yoghurt

Madu memiliki kandungan yang dapat mengobati inflamasi, dan yoghurt dapat mendinginkan wajah sehingga mengecilkan pori-pori. Campurlah keduanya agar menjadi paduan masker pencegah jerawat yang aman digunakan setap harinya.

 

Artikel oleh Claudia Agitasari

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.