Gara-Gara Instagram

instagram

Apa itu instagram? Bagi pengguna sistem android dan ios mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang dapat mengambil,mengedit dan membagi foto ke situs situs jejaring sosial ini. Instagram berdiri bersama dengan Burb INC pada tahun 2010 awal bulan januari dengan campur tangan Mike Krieger dan Kevin Systrom. Setelah 10 bulan instagram ini dikenalkan kepada masyarakat, aplikasi ini memiliki 7 juta pengguna aktif dan terus berkembang setiap bulannya.

Instagram menjadi aplikasi yang menarik dikalangan remaja hingga dewasa karena aplikasi ini memiliki keuntungan tersendiri bagi si pemilik akun. Aplikasi ini bukan hanya digunakan oleh mereka yang masih bersekolah saja, namun juga digunakan oleh ibu rumah tangga, pedagang, dan kalangan atas seperti artis dan pejabat negara.

Bagi sebagian pengguna instagram di Indonesia, aplikasi ini digunakan untuk berbagi foto si pemilik akun dengan para pengikutnya (followers), melakukan transaksi jual beli barang secara online, dan menjadikan instagram sebagai aplikasi mencari teman yang memiliki hobi sama seperti photography sehingga membentuk sebuah komunitas melalui instagram. Hal ini terbukti dengan adanya acara World Wide Instameet (WWIM) yang diadakan 2 kali setiap tahunnya. Para pemilik akun instagram dapat saling berinteraksi antar sesama pengguna. Pemilik akun instagram sendiri sering menjadikan pengikut (followers) sebagai tolak ukur tingkat popularitas mereka sehingga berlomba-lomba untuk meningkatkan jumlah pengikutnya.

Adapun keuntungan lainnya menggunakan aplikasi ini, kita dapat mengetahui tempat indah yang belum terlalu dikenal dikalangan masyarakat seperti Tebing Karaton di Bandung, Brown Canyon di Semarang, Kenawa di Lombok, Gumuk Pasir di Yogyakarta, Pulau Sempu di Malang dan lain-lain.

Di instagram kita bukan hanya bisa menggunggah foto, tetapi juga bisa untuk mengguggah video. Meskipun dengan durasi yang singkat, hal ini tidak menghalangi kreativitas para pengguna, terbukti dengan adanya komunitas indovidgram dan indomusikgram sehingga pengguna instagram semakin meningkat setiap tahunnya.

 

Artikel oleh Fenny Fauriza

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.