Awas, Merica Palsu! Teliti Sebelum Membeli

mericalada putih dan lada hitam

Setelah heboh adanya beras plastik, baru-baru ini tersiar kabar mengenai beredarnya merica palsu di pasaran. Dalam hal ini yang sering dipalsukanadalah merica / lada putih. Kabar ini cukup mengejutkan dan tentu membuat resah para konsumen. Merica palsu yang dijual oleh pedagang tersebut diakui berasal dari daerah Jawa. Merica palsu ditemukan beredar di pasar tradisional dalam bentuk kemasan platik ecer, namun ada pula pedagang yang nakal mengoplos merica palsu dengan merica asli agar konsumen tak curiga.

Berikut Sharingdisini beberapa perbedaan / ciri-ciri merica asli dan merica palsu.

merica palsuperbandingan merica asli dan merica palsu

– Jika diperhatikan sekilas, bentuknya sepintas mirip dengan merica asli. Namun, tekstur bubuknya memiliki warna lebih putih terang dari merica asli.

– Apabila diamati dengan teliti merica asli merica asli mempunyai bentuk butiran bulat yang lebih imut dibandingkan dengan merica palsu, dan terdapat serat serat bergaris.

perbedaan merica asli dan palsuperbedaan merica asli dan merica palsu jika direndam

 – Selain itu ketika dimasukkan ke dalam air, merica palsu langsung jatuh terendam, sementara merica asli mengambang dipermukaan air.

– Hasil jika setelah direndam, merica palsu akan sangat mudah untuk dihancurkan, bahkan hanya dengan tangan kosong. Hal ini disebabkan karena merica palsu terbuat dari campuran bubuk merica dan sejenis tepung. Sedangkan untuk merica asli, masih tetap membutuhkan bantuan penghalus bumbu/ cobek, agar butiran merica bisa hancur n halus.

– Begitu pula dengan aromanya, merica asli jauh lebih menyengat.

– Setelah mengetahui hasil rendaman merica palsu, air berubah warna menjadi putih pekat seperti susu, diduga campuran tepung / semen putih yang mulai luntur. Sungguh tidak bisa dibayangkan jika merica semacam itu sering dikonsumsi manusia, sangat beresiko menyebabkan penyakit.

– Harga yang dibanderol antara merica palsu dan asli biasanya dijual lebih miring dari merica asli. Namun, tidak menutup kemungkinan juga pedagang yang nakal, akan mengelabuhi dengan menjual harga yang sama dengan merica asli.

Walaupun belum ada kejelasan yang pasti mengenai kasus ini, masyarakat sebagai konsumen disarankan agar lebih berhati-hati lagi. Tak hanya merica, banyaknya pedagang nakal yang menjual jenis bahan makanan palsu lainnya memaksa konsumen untuk harus semakin cermat dan jeli sebelum membeli.

Telitilah sebelum membeli dan pastikan Anda benar-benar mengetahui perbedaan mana bahan makanan yang asli dan mana yang palsu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.