Cerita Dongeng Anak dan Manfaatnya

cerita dongeng anak1

Manfaat cerita dongeng anak

Orangtua seringkali memperdengarkan cerita dongeng untuk anak-anaknya menjelang waktu tidur. Cerita dongeng anak ini tidak hanya sebagai dongeng pengantar tidur namun juga sebagai salah satu edukasi untuk anak-anak dalam cara yang lebih menyenangkan. Dalam cerita-cerita dongeng tersebut tak hanya tersedia hiburan namun juga pesan moral yang bisa diambil oleh anak-anak. Orangtua harus sekaligus mengatakan apa pesan moral dari cerita tersebut karena anak-anak umumnya belum bisa mengambil pesan yang tersirat dalam cerita. Ada banyak pelajaran dari cerita-cerita rakyat yang bisa diambil. Mulai dari keberanian, kemurahan hati, berbakti pada orangtua, tanggung jawab, dan lain-lain.

Cerita dongeng anak pun tak hanya berasal dari cerita rakyat Indonesia. Kita juga bisa mengambil cerita dongeng dari luar negeri. Dongeng asal luar negeri ini biasanya berupa dongeng putri-putri Disney bersama dengan pangeran pujaan hati mereka. Dongeng dari luar negeri juga mengajarkan banyak hal, mulai dari kesabaran, keberanian, kebaikan hati dan lain-lain. Tokoh-tokoh dalam cerita dongeng umumnya digambarkan hitam putih alias bisa dengan mudah dibedakan mana tokoh antagonis dan mana tokoh protagonis. Ini agar anak-anak bisa dengan mudah mencontoh perilaku tokoh protagonis dan diajarkan untuk tidak mencontoh perilaku tokoh antagonis. Selain itu, tokoh yang hitam putih ini juga akan membuat cerita lebih mudah untuk dipahami.

Dongeng untuk anak-anak biasanya tersedia dalam buku cerita dan bisa dengan mudah kita temukan di toko-toko buku. Orangtua bisa membelinya dan membacakannya sebagai dongeng pengantar tidur. Tak hanya dibacakan pada malam hari, orangtua juga tetap bisa membacakannya pada siang hari di saat bersantai bersama sang buah hati. Membacakan dongeng kepada anak termasuk salah satu cara untuk mengikat keakraban serta ikatan batin dengan buah hati. Agar suasana semakin hangat, kegiatan membacakan cerita dongeng anak ini bisa diselingi dengan minum teh Sariwangi hangat. Aromanya yang khas akan membuat suasana semakin menyenangkan baik untuk orangtua maupun untuk anak. Selamat memilih dongeng yang hendak diceritakan danĀ  jangan lupa sediakan teh Sariwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.