Kenali Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Anda Di Usia 4 Bulan

Kenali Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Anda Di Usia 4 Bulan

Menjaga dan mengikuti pertumbuhan dan perkembangan bayi anda setiap waktunya merupakan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Setiap detik kebersamaan dengan anak merupakan hal yang berharga apalagi buah hati anda masih diusia-usia dimana pertumbuhan dan perkembangannya berjalan sangat pesat. Usia empat bulan untuk bayi merupakan usia dimana bayi mulai responsive dan waspada. Senyuman, tertawa, celoteh, dan degukan akan sering anda jumpai diekspresi buah hati anda. Selain perkembangan tersebut pertumbuhan secara fisik juga nampak terlihat. Pertumbuhan yang mulai terlihat pada usia empat bulan adalah sebagai berikut :

  • Berat badan bayi usia empat bulan biasanya mengalami kenaikan, dimana beratnya sekarang dua kali lipat dari berat saat dia masih lahir.
  • Pertumbuhan gigi yang biasanya baru muncul di usia 8 bulan namun disebagian bayi sudah muncul diusia 4 bulan. Pada saat ini biasanya bayi akan rewel karena menahan gatal dan sakit akibat gigi yang tumbuh tersebut.

Setiap minggunya bayi usia empat bulan mengalami perkembangan dari segi tingkah lakunya. Perkembangan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Bayi mulai memahami hubungan sebab akibat diminggu ke 14
  • Di minggu ke lima belas bayi mulai dapat mengingat
  • Penglihatan bayi semakin baik di minggu ke 16
  • Dan bayi sudah memperhatikan pola dimnggu ke tujuh belas

Selain perkembangan tersebut jam tidur bayi usia empat bulan sudah mulai teratur. Di usia ini bayi sudah bisa tidur selama 7 sampai 8 jam tiap malam. Bila ditambah dengan kebiasaan tidur siangnya yang sebanyak 2 kali maka tidur total bayi usia 4 bulan adalah 14-16 jam. Komunikasi yang dilakukan anak usia ini masih menggunakan celotehan dan ekspresi wajah hanya kini dia mulai mengenal emosi dan ekspresi wajah dari anda.

Untuk menjaga kesehatan pada bayi anda, maka anda perlu membersihkan tempat dan memandikan bayi anda setiap hari. Karena bayi masih cukup rentan maka perlu diperhatikan waktu dan produk yang digunakan untuk bayi. Produk-produk yang tidak sesuai dengan keadaan kulit bayi akan berakibat pada iritasi kulit yang menjadikan bayi anda kurang nyaman. Perhatikan produk-produk yang akan anda berikan kepada buah hati anda. Salah satu produk yang dapat anda gunakan untuk merawat buah hati anda adalah zwitsal. Produk ini sudah disesuaikan dengan keadaan bayi dan tidak membuat iritasi pada bayi. Demikian artikele mengenai kenali pertumbuhan dan perkembangan bayi anda di usia empat bualan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.